Nakita.id – Bab 5 IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka tentang struktur atom - keunggulan nanomaterial sudah selesai dibahas.
Sekarang, kita akan membahas bab berikutnya, yaitu bab 6 tentang energi terbarukan.
Adapun subbab pertama yang kita pelajari adalah mengenai energi.
Yuk, disimak!
Pernahkah kalian melihat kincir air?
Kincir air telah dimanfaatkan sejak puluhan tahun untuk berbagai keperluan.
Salah satu yang sudah menggunakannya sejak lama adalah kelompok tani Desa Manggungsari, Tasikmalaya untuk mengalirkan air Sungai Citanduy yang tiada habisnya ke sawah mereka saat musim kemarau tiba.
Sejauh ini, kincir air baru berfungsi sebagai alat untuk membantu pengairan sawah. Padahal kincir air tersebut masih dapat dimanfaatkan lebih lanjut lagi sebagai pembangkit energi listrik, lo.
Pada musim kemarau, para petani di Desa Manggungsari ini harus memindahkan air dari Sungai Citanduy menuju ke sawah mereka.
Mereka menggunakan kincir air dengan rata-rata diameter sekitar 5 meter yang pada ujung-ujungnya diberi tabung bambu untuk memerangkap air.
Berbicara soal energi dalam buku IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka, banyaknya air yang mengalir pada Sungai Citanduy dapat dinyatakan dalam besaran debit yang secara matematis dengan persamaan berikut.
Baca Juga: Kunci Jawaban Ayo Cek Pemahaman Halaman 123 tentang Struktur Atom, IPA Kelas X SMA Kurikulum Merdeka
Aliran air sungai dengan debit tertentu menyediakan gaya dorong yang dibutuhkan untuk memutar kincir air dan mengangkat air pada tabung bambu hingga mencapai ketinggian sekitar 5 meter.
Gaya dorong aliran air sungai tersebut tegak lurus dengan kincir airnya.
Gaya tersebut menyebabkan kincir air tersebut berputar disebut torsi.
Secara matematis, torsi oleh gaya dorong aliran air sungai tersebut dinyatakan dengan persamaan berikut.
Gaya tersebut yang diberikan aliran sungai menyalurkan energi pada kincir tersebut.
Oleh karena itu, kalian dapat menyebutkan bahwa gaya dorong aliran air tersebut melakukan usaha.
Melakukan usaha artinya cara memindahkan atau menyalurkan energi.
Usaha dan energi memiliki satuan yang sama.
Dalam SI satuannya adalah Joule (J). Dimensi dari usaha dan energi adalah:
[M][L]/[T]2
Secara matematis, usaha yang dikerjakan oleh gaya dorong aliran air tersebut dinyatakan dengan persamaan:
Seberapa lama waktu yang digunakan untuk melakukan usaha dinyatakan dengan besaran daya.
Secara matematis, daya dinyatakan dengan persamaan matematis berikut ini.
Dalam kehidupan sehari-hari, energi tidak selalu dinyatakan dalam satuan SI, Joule.
Satuan energi, kaitannya dengan daya, biasa dinyatakan dalam kilowatt.jam (kWh).
Agar lebih memahami konsep dasar mengenai energi, yuk kita coba kerjakan soal latihannya.
Soal latihan yang kita akan kerjakan adalah Aktivitas 6.1 halaman 129.
Baca Juga: Energi dan Persamaannya, Bab 6 IPA Kelas X SMA Kurikulum Merdeka
Berikut ini penjelasan selengkapnya.
Aktivitas 6.1
Kelompok tani dari desa tetangga terancam mengalami gagal panen akibat musim kemarau.
Mereka memutuskan membuat kincir air seperti kelompok tani Desa Manggungsari.
Jika jari-jari kincir air yang mereka buat sebesar 3 meter.
Jika gaya dorong aliran airnya sebesar 62,21 N, energi yang disalurkan oleh gaya dorong aliran air pada kincir air tersebut adalah ....... Joule.
Kunci jawaban
Nah, itu dia penjelasan mengenai energi dalam bab 6 IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka.
Semoga pembahasan soal yang diberikan juga dapat membantu pemahaman konsep dasar energi.
Selamat belajar!
Baca Juga: Kunci Jawaban Soal Ayo Cek Pemahaman Bab 4 IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka
Social Bella 2024, Dorong Inovasi dan Transformasi Strategis Industri Kecantikan Indonesia
Penulis | : | Ratnaningtyas Winahyu |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR