Nakita.id - Berdialog dengan orang dewasa sejak usia dini bisa mengasah keterampilan berbahasa Si Kecil.
Dalam sebuah penelitian baru dikatakan, percakapan antara anak dan orang dewasa ini terkait dengan pengaruh dalam struktur otak, di mana koneksi diperkuat antara dua daerah berkembang (di otak) yang penting untuk bahasa.
BACA JUGA: Ini Usia Ideal Jika Ingin Mengenalkan Bahasa Asing Kepada Si Kecil
Makalah berjudul "Language Exposure Relates to Structural Neural Connectivity in Childhood" telah dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience pada 13 Agustus 2018.
Tim ini merupakan gabungan para peneliti dari Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, dan University of Pennsylvania.
Sementara itu, peserta penelitian termasuk 40 anak yang berusia 4 hingga 6 tahun.
Anak-anak dan orangtua mereka dicatat selama dua hari.
BACA JUGA: Kahiyang Ayu Tampak Langsing Usai Melahirkan, Begini Kiatnya!
Ini membantu menangkap jumlah kata-kata yang berbeda, yang didengar oleh anak-anak, jumlah kata yang mereka gunakan saat berbicara, dan jumlah putaran yang mereka ambil selama percakapan bolak-balik dengan orangtua mereka.
Pemindaian otak kemudian mengungkapkan koneksi yang lebih kuat pada anak-anak selama percakapan dialog.
Wilayah otak yang diamati adalah yang bertanggung jawab untuk pemahaman dan berbicara.
Anak-anak ini juga memiliki nilai yang lebih tinggi pada tes keterampilan verbal.
BACA JUGA: Wah Setiap Malam Harus Disuntik, Tya Ariestya Kenapa Lagi Ya?
"Temuan kami menunjukkan derasnya aliran informasi di wilayah otak yang memproses bahasa pada anak-anak yang bergantian berbicara dengan orangtua mereka.
Juga pada konektivitas yang lebih besar benar-benar independen dari status sosial ekonomi," kata penulis utama Dr. Rachel Romeo, penelitian postdoctoral sesama di Rumah Sakit Anak Boston.
BACA JUGA: 8 Penyebab Kita Mudah Tertular Flu, Waduh Ternyata Sepele!
Sering kali, upaya pendidikan terfokus pada menjembatani sesuatu yang disebut sebagai "kesenjangan kata," yang menggambarkan kesenjangan besar antara jumlah kata anak-anak dari latar belakang sosial-ekonomi yang berbeda.
Istilah ini berasal dari studi berpengaruh berjudul "Meaningful Differences in the Everyday Experience of Young American Children," yang diterbitkan pada 1990-an.
Ditemukan anak-anak usia sekolah dari latar belakang sosial ekonomi yang lebih tinggi terpapar hampir 30 juta lebih banyak kata, daripada anak-anak pada usia yang sama yang dibesarkan di latar belakang sosial ekonomi yang lebih rendah.
Studi yang lebih baru, bagaimanapun, belum mampu mereplikasi temuan.
BACA JUGA: Klasik Elegan, Rumah Mewah Nikita Willy Juga Ada Karaoke Pribadi
Kritik dari studi ini juga menyatakan skeptisisme atas ukuran dan metodologi sampelnya, yang menunjukkan bahwa angka 30 juta mungkin dibesar-besarkan.
Romeo juga percaya gagasan menjembatani kesenjangan kata mungkin terlalu sederhana untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak-anak.
Temuan terbaru harus mendorong diskusi tentang kualitas bahasa yang mereka hadapi dan bukan hanya kuantitas, katanya.
BACA JUGA: Mengencangkan Wajah dan Bikin Kulit Glowing, Cukup Buat Masker Gel Ini
"Ini adalah studi tahap awal untuk menentukan apakah hubungan (antara percakapan dan struktur otak) ada.
Kita akan pindah ke studi intervensi di mana kita akan membawa anak-anak dan orangtua masuk dan menargetkan pada beberapa daerah otak mereka, "katanya. (*)
Serunya Kegiatan Peluncuran SoKlin Liquid Nature French Lilac di Rumah Atsiri Indonesia
Source | : | Medical Daily |
Penulis | : | Fadhila Afifah |
Editor | : | Soesanti Harini Hartono |
KOMENTAR