Perlu Dicoba! 4 Aktivitas Fisik Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

  • Senin, 20 Maret 2017 17:41 WIB

Aktivitas fisik ternyata bisa meningkatkan kecerdasan anak

Nakita.id – Mau punya anak cerdas? Jangan membayangkan caranya adalah dengan memasukkan anak ke les ini itu, sebab di usia dini, kecerdasan banyak dirangsang oleh kegiatan fisik. Berbagai penelitian telah menunjukkan cara-cara untuk meningkatkan kecerdasan anak dengan aktivitas fisik, seperti yang bisa Ibu coba lakukan dengan si kecil berikut ini. 

Baca juga: Latih Kesiapan Anak Menulis dengan Aktivitas Fisik

1. Menari diiringi musik

Putar musik dan menari bersama merupakan kegiatan sederhana yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Gerakan yang dipadu dengan musik masuk ke dalam salah satu faktor yang meningkatkan kecerdasan menurut penelitian yang dilakukan Boston University School of Medicine. Dalam penelitian ini, gerakan fisik yang teratur seperti menari dapat meningkatkan hormon oksitosin sehingga meningkatkan memori pada otak. Nah, Ibu dan si kecil perlu mencoba nih kegiatan yang tidak perlu banyak persiapan untuk melakukannya.

Baca juga: Aktivitas Fisik yang Bikin Otak Cerdas, Si Kecil Pasti Suka! 

2. Olahraga ringan

Olahraga ringan seperti berlari atau berjalan menjadi kegiatan fisik yang bisa Ibu lakukan untuk meningkatkan kecerdasannya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh scientist, Daniel Wilingham menemukan bahwa anak yang secara teratur berolahraga ringan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dan meningkatkan fokus mereka pada sesuatu. Hal ini berhubungan dengan kemampuan mereka saat menerima hal-hal baru saat mereka bersekolah. Mengajak si kecil berlari pagi atau bersepeda bersama Ayah dan Ibu bisa dilakukan pada akhir pekan.

Baca juga: 4 Aktivitas Fisik Penting Untuk Anak

3. Berenang

Siapa anak yang tak senang bermain air? Penelitian yang dilakukan oleh University of Griffith, Queensland, Australia ini menunjukkan anak yang belajar berenang pada usia dini lebih memiliki skor yang tinggi dalam urusan IQ. Penelitian ini melibatkan lebih dari 7.000 anak di bawah usia 5 tahun. Buat waktu berenang jadi lebih menyenangkan agar bermanfaat bagi perkembangan otaknya.

4. Menunggang kuda

Saat berkunjung ke tempat wisata bersama si kecil, biasanya datang tawaran untuk menunggang kuda kepada si kecil. Ternyata aktivitas fisik yang menyenangkan ini juga bisa meningkatkan kerja otak si kecil. Peneliti dari Tokyo University of Agriculture menemukan getaran yang muncul saat seseorang menunggang kuda dapat mengaktifkan area saraf simpatik. Area ini ternyata juga berkontribusi untuk meningkatkan kecerdasan pada anak dan meningkatkan kemampuan anak untuk menangkap hal-hal baru yang dipelajari.

Sumber : []

Reporter : Gisela Niken
Editor : Heni Wiradimaja

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×