Mau Jadi Ayah Hebat, Membacalah bersama Anak!

By Irene Harris, Senin, 13 Februari 2017 | 06:00 WIB
Kebiasaan membaca bersama anak bisa meningkatkan kemampuan ayah mengasuh anak, lho. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Apakah anak-anak di rumah gemar membaca? Bagus! Dengan siapa anak-anak selama ini membaca? Jika kebanyakan bersama Ibu, ada baiknya mulai hari ini ayah juga mulai membaca bersama anak-anak. Sebab, kebiasaan membaca bersama anak ternyata dapat mengasah kemampuan ayah dalam mengasuh anak-anaknya!

Menurut studi yang dilakukan oleh ahli dari New York University, kegiatan membaca bersama antara ayah dan anak ini tidak hanya bermanfaat bagi anak. Para ayah pun akan dapat memperbaiki pola pengasuhannya.

Uji coba yang dilakukan oleh ahli yang meminta para ayah untuk membaca bersama anak usia prasekolahnya secara teratur selama delapan minggu memperlihatkan hasil yang menarik untuk disimak. Pada akhir program, anak-anak menunjukkan kemajuan sebesar 30% dalam kesiapan bersekolah dan perkembangan bahasanya.

Sementara itu, pola perilaku para ayah dalam mengasuh anak juga mengalami kemajuan sebesar 30%. Perilaku yang diamati dalam program ini antara lain adalah kemampuan menciptakan rutinitas bersama anak, menawarkan hadiah untuk perilaku positif, dan mengabaikan perilaku mencari perhatian dari anak.

Meskipun para peserta dari penelitian ini datang dari keluarga berpenghasilan rendah di Amerika Serikat, hasilnya mungkin belum tentu dapat diterapkan pada kalangan lainnya. Metode yang digunakan pun belum tentu dapat dilakukan oleh keluarga lainnya. Namun, ada satu kesimpulan menarik dari studi ini, yaitu bahwa kegiatan membaca bersama anak itu baik untuk dilakukan oleh para ayah.

Lalu, bagaimana dengan pilihan bukunya? Buku seperti apa yang bisa dibacakan untuk anak-anak di rumah? Setiap tahapan usia memang membutuhkan jenis buku yang berbeda-beda. Untuk anak-anak berusia di bawah lima tahun, ayah bisa mencoba mencari buku dengan ciri-ciri seperti berikut:

* Buku bergambar dengan berbagai karakter yang unik dan lucu. Saat membacakan, ayah bisa mengasah kreativitas dengan menciptakan suara yang berbeda-beda untuk setiap tokoh di buku.

* Carilah buku dengan alur cerita yang simpel sehingga bisa dipahami oleh anak.

* Buku-buku yang isinya mengajak anak untuk berhitung dan bernyanyi bersama juga bisa jadi ide yang bagus. Jadi, kegiatan membaca bersama bisa jadi kegiatan yang seru, menyenangkan, dan ditunggu-tunggu oleh anak.

Nah, siapa sangka membaca bersama anak bisa meningkatkan kemampuan ayah mengasuh anak kan?