Mau Bikin Si Kecil Dekat dengan Ayahnya? Ini Rahasianya!

By Gisela Niken, Jumat, 3 Maret 2017 | 08:30 WIB
Ayah dekat dengan anak bisa dilakukan dengan sederhana. (Gisela Niken)

Nakita.id – Tak hanya dengan Ibu, si kecil juga perlu memiliki hubungan yang dekat dengan Ayah. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan si kecil jika ia memiliki hubungan yang dekat dengan ayah. Salah satunya, sebuah penelitian dari Harvard University mengungkapkan, ayah yang sering meluangkan waktu bersama anak dengan membacakan buku akan meningkatkan kemampuan berbicara, berimajinasi, dan rasa percaya dirinya.

Baca juga: Dampak positif kedekatan ayah dan anak

Penelitian lain dari Emory University, Atlanta mengungkapkan, Ayah menjadi lebih responsif ketika hormon oksitosinnya meningkat, sehingga hormon ini memainkan peran penting dalam hubungan ayah-anak. Para peneliti melihat, ayah yang mendapatkan tambahan oksitosin menunjukkan tingkat empati yang lebih tinggi terhadap anak dibandingkan jika ayah tidak menerima oksitosin tambahan. Menurut James Rilling, profesor di Emory University, karena hormon oksitosin atau disebut juga hormon cinta memiliki fungsi mendorong timbulnya perasaan empati. Hormon yang sama juga diproduksi oleh tubuh ibu pada saat menyusui bayi. Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan Ayah untuk meningkatkan hormon oksitosin.

Baca juga: Wow! Ini manfaatnya jika ayah ikut mengasuh anak

- Pijat punggung oleh ibu. Penelitian di Cedars-Sinai Medical Center Los Angeles menunjukkan bahwa orang dewasa yang mendapatkan pijatan ringan selama 45 menit akan memiliki hormon oksitosin yang lebih tinggi. Pijat di bagian punggung memang memberikan kenyamanan. Pijat juga dapat mengurangi stres. Sementara, menurut berbagai penelitian, stres dapat mengurangi produksi oksitosin. Karenanya, untuk mendapatkan lebih banyak oksitosin, tubuh harus dibebaskan dari ketegangan.

Baca juga: Alasan mengapa ayah perlu dekat dengan anak

-  Pelukan dan ciuman dari ibu. Sentuhan fisik dan keintiman suami istri akan membuat Ayah lebih relaks sehingga hormon oksitosinnya meningkat. Hal yang sama juga terjadi pada ibu. Kegiatan sederhana lainnya seperti tersenyum dan tertawa juga dapat merangsang produksi oksitosin. Jika hubungan mesra suami istri terjalin dari waktu ke waktu, maka Ayah pun akan senang melakukan pendekatan pada buah hatinya.