Ibu Hamil Harus Cukup Kalsium, Ini Alasannya!

By Gisela Niken, Jumat, 10 Maret 2017 | 00:23 WIB
Kalsium saat hamil ternyata memiliki manfaat untuk janin dan ibu hamil (Gisela Niken)

Nakita.id – Kalsium menjadi salah satu kebutuhan nutrisi yang perlu Ibu perhatikan sejak awal kehamilan terlebih saat trimester ketiga. Sejak masa kehamilan, pembentukan kerangka tubuh janin sudah dimulai dan semakin bertumbuh. Kalsium adalah mineral yang menjadi bahan pembuatan tulang bersama protein. “Di sisi lain asupan kalsium harus dibarengi dengan vitamin D agar tubuh ibu hamil bisa menyerap lebih banyak kalsium,” ujar Murray Favus, MD, salah seorang profesor kedokteran di University of Chicago.

Baca juga: Tingkatkan kalsium untuk calon ibu

Menurut Murray, selain untuk pembentukan tulang dan gigi, kalsium juga penting untuk pembentukan otot dan saraf, termasuk untuk menjaga fungsi peredaran darah. Kalsium saat hamil juga penting bagi Ibu sendiri. Tubuh punya caranya sendiri untuk  menjadikan kehamilan sebagai waktu yang tepat bagi perbaikan kesehatan tulang. Begini, saat hamil Ibu memiliki kemampuan menyerap lebih banyak kalsium dan memproduksi lebih banyak estrogen yang dapat menguatkan tulang. Kondisi ini akan membuat tulang Ibu jauh lebih kuat. Kalsium juga memiliki fungsi penting bagi otot ibu hamil terutama saat nanti terjadi kontraksi. Kecukupan kalsium dapat membantu Ibu untuk bisa  lebih relaks saat mengalami kontraksi.

Baca juga: Ini tandanya kalau ibu kekurangan kalsium

Ibu hamil membutuhkan sekitar 1.200 miligram per hari atau setara dengan 3 gelas susu berukuran 200 ml. Namun, Ibu juga perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai sumber asupan kalsium. Sebuah studi dari University of Tennesseee menunjukkan, mengonsumsi kalsium dari susu tanpa gula bisa mencegah kenaikan berat badan berlebih saat hamil. Asupan kalsium juga bisa ditambah dengan mengonsumsi suplemen kalsium. Tanyakan pada dokter jika Ibu ingin mendapatkan suplemen kalsium, karena menurut Rut Frechman, ahli gizi dari American Dietetic Association, terlalu banyak kalsium dalam tubuh juga akan mengganggu kemampuan tubuh menyerap mineral lainnya. Bisa-bisa Ibu mengalami  konstipasi/sembelit dan menghadapi risiko masalah ginjal.

Baca juga: Jangan lupa konsumsi kalsium saat hamil!

Tak hanya dari susu, Ibu juga bisa mendapatkan asupan kalsium dari makanan lainnya, seperti Ikan laut. Jika Ibu alergi ikan ataupun susu, pilihlah sayuran hijau seperti bayam dan selada yang juga kaya kalsium. Olahan susu seperti yogurt boleh dicoba untuk memenuhi asupan kalsium.