Sering Begadang Bisa Bikin Susah Hamil?

By Irene Harris, Jumat, 10 Maret 2017 | 08:45 WIB
Sering begadang membuat kekebalan tubuh menurun. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Tuntutan pekerjaan sering membuat kita harus pulang larut malam. Bisa jadi, sebagian dari kita terpaksa begadang di rumah karena harus menyelesaikan laporan. Untuk para calon ibu yang sedang berusaha untuk hamil, sebaiknya atur waktu dengan lebih baik supaya tidak perlu melek sampai larut malam. Sebab, sering begadang bisa bikin susah hamil.

Penelitian dari University of Texas Health Science Center di San Antonio menemukan, kondisi ruangan yang gelap ternyata sangat baik untuk kesehatan reproduksi para perempuan, juga untuk melindungi janin yang sedang berkembang.

Riset Russel J. Reiter, PhD, Profesor Biologi Seluler dan rekan-rekannya, memaparkan bahwa perempuan yang ingin cepat hamil dan sedang hamil sebaiknya menghindari paparan cahaya terlalu lama di malam hari. Demikian hasil laporan mereka yang dimuat di jurnal Fertility and Sterility.

Idealnya, para calon ibu menikmati kegelapan selama delapan jam tanpa interupsi, terutama bagi ibu hamil yang sudah memasuki trimester terakhirnya. Menyalakan lampu di malam hari bisa menekan produksi hormon melatonin, sehingga otak bayi tidak bisa mendapatkan jumlah melatonin yang dibutuhkan agar bisa memiliki jam biologis yang baik.

Studi Dr. Reiter juga menyebutkan, setiap kali ibu menyalakan lampu di malam hari, produksi melatonin langsung hilang. Bagi ibu hamil atau yang sedang berusaha hamil, hormon melatonin ini punya peranan penting karena dapat melindungi sel telur dari stres oksidatif. Hormon ini juga bisa melindungi sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas, khususnya selama masa ovluasi.

"Yang dibutuhkan sebenarnya bukan hanya tidur, melainkan lingkungan yang gelap sehingga otak bisa memproduksi melatonin," kata Dr. Reiter.

Ia juga menganjurkan Mama untuk memastikan kamar tidur benar-benar gelap dan tidak terganggu cahaya dari televisi atau gawai. Kalau tidak bisa tidur tanpa penerangan, Mama bisa memilih lampu malam berwarna merah atau kuning, karena warna ini tidak akan mengganggu ritme sirkadian (proses biologis pada siklus 24 jam yang memengaruhi fungsi tubuh manusia). Jadi, setop dulu kebiasaan lembur karena sering begadang bisa bikin susah hamil.