Daftar Makanan Alami yang Dapat Mengurangi Kram Saat Hamil

By Gisela Niken, Selasa, 14 Maret 2017 | 22:18 WIB
Kram otot saat hamil bisa diatasi dengan pijat (Gisela Niken)

Nakita.id – Ada banyak hal yang mengganggu Ibu saat hamil salah satunya adalah kram otot. Kram terjadi di saat otot berkontraksi atau 

ketika  pertumbuhan janin sudah besar dan tinggal beberapa minggu lagi hari perkiraan lahir tiba.  

Perkembangan janin sejalan dengan masalah yang kerap terjadi yakni kram khususnya di bagian perut, kaki, dan pinggul. Untuk mengurangi kondisi tersebut, Ibu bisa mengonsumsi berbagai makanan alami berikut ini.

Baca juga: Kram perut saat hamil bisa dipicu gigi berlubang

1. Alpukat

Asam lemak omega-3 dalam alpukat ternyata dapat mengurangi peradangan di dalam rahim. Kandungan asam lemak ini dapat melumasi dinding rahim sehingga dapat mengurangi kram. Kaki kram juga menjadi kondisi yang umum terjadi pada Ibu hamil. Kandungan potasium dalam alpukat dapat membantu mengurangi masalah kram.

2. Dark Chocolate

Cokelat hitam atau yang biasa dikenal dengan dark chocolate dapat mengurangi rasa sakit akibat kram. Cokelat dapat meningkatkan hormon endorfin yang dapat menghilangkan rasa sakit alam tubuh. Kandungan anti-oksidan dalam cokelat dapat mengurangi peradangan. Tidak hanya masalah kram, dark chocolate memiliki manfaat bagi kesehatan Ibu hamil. Penelitian dari Yale University mengungkapkan ibu hamil yang makan cokelat secara teratur mengalami penurunan  risiko preeklamsia hingga 50%.

Baca juga: Penyebab kram perut saat hamil yang perlu diwaspadai

3. Pisang

Kram memang tidak bisa diduga datangnya apalagi saat hamil. Pencegahan bisa dimaksimalkan dengan mengasup mineral potasium yang banyak terdapat  dalam pisang. Bukan menghilangkan secara total, tetapi kandungan potasium dapat mencegah kram yang terlalu sering. 

4. Bayam