Agar Tidak Cepat Lelah, Ibu Hamil Sebaiknya Melakukan Ini

By Gisela Niken, Rabu, 29 Maret 2017 | 10:35 WIB
Ini Cara Mengatasi Kelelahan di Awal Kehamilan (Gisela Niken)

Nakita.id – Salah satu gangguan yang terjadi saat hamil adalah merasa lelah terutama menjelang akhir kehamilan. Berat badan yang semakin naik disertai perkembangan janin yang cukup pesat membuat energi Ibu jadi mudah terkuras. Hal ini akan membuat Ibu hamil jadi cepat lelah. Untuk mengatasinya, Ibu bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Baca juga:Sering Merasa Lelah Saat Hamil, Normalkah?

1. Minum air lebih banyak

Minum air putih menjadi kebiasaan yang kadan terlupa kaena kita cenderung jarang merasa haus. Apalagi saat hamil, Ibu membawa janin yang juga membutuhkan asupan cairan. Frances Largeman, ahli gizi sekaligus penulis buku Feed Belly: The Pregnant Mom Healthy Eating Guide, menyarankan Ibu untuk tetap terhidrasi agar tidak merasa lelah saat hamil. Minum air kelapa juga baik untuk meningkatkan energi saat hamil.

2. Makan telur

Makan dengan porsi sedikit namun sering menjadi anjuran makan Ibu hamil agar tetap berenergi tanpa mengalami kenaikan berat badan berlebih. Salah satu sumber tenaga yang tinggi ada pada protein. Di dalam sebutir telur terdapat 78 kkal dengan 6 gram protein. Kandungan terbaiknya ada di dalam bagian kuning. Jonny Bowden, penulis buku The 150 Most Effective Ways to Boost Your Energy mengungkapkan kandungan protein dalam telur juga baik untuk pertumbuhan otak bayi.

Baca juga: 6 Penyebab Ibu Hamil Cepat Lelah 

3. Tetap bergerak, jangan mengikuti rasa malas

Dr. Randy Fink, MD, seorang dokter obgin di Miami, Florida mengungkapkan salah satu kunci agar tidak merasa lelah saat hamil adalah dengan bergerak. “Aktivitas fisik membuat perbedaan yang cukup signifikan pada kehamilan. Pastikan mendapatkan izin dari dokter untuk melakukan kegiatan fisik ringan,” ujarnya. Tak perlu melakukan olahraga berat, Ibu bisa berjalan-jalan sebentar di luar rumah di pagi atau sore hari.

4. Istirahat cukup

Keluhan susah tidur menjadi hal yang umum terjadi pada Ibu hamil. Namun, Ibu tetap perlu memerhatikan waktu tidur. Salah satu kunci agar tidak mengalami kelelahan adalah tidur yang cukup. Menurut Dr. Jacob Teitelbaum, MD, penulis buku From Fatigued to Fantastic, tidur 8 hingga 9 jam memang menjadi hal yang susah dilakukan Ibu hamil. Namun, Ibu bisa menyiasatinya dengan sekadar duduk santai pada sore atau malam hari untuk mengembalikan energi.

Baca juga: Rasa Lelah Selama Hamil Tanda Ibu Perlu Lebih Santai. Ini Solusinya!

5. Tetap tenang

Ibu yang tenang selama kehamilan ternyata dapat membantu tubuh jadi lebih berenergi. Jika sering merasa lelah, ambil waktu sejenak untuk menenangkan diri. Gunakan musik atau suasana tenang di rumah agar Ibu bisa menenangkan diri. Merebahkan diri atau meluruskan kaki sejenak sambil melakukan kegiatan yang relaks juga jadi cara yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasi rasa lelah saat hamil.