Ini 5 Alasan Mengapa Sarapan Penting Bagi Keluarga

By Gisela Niken, Selasa, 18 April 2017 | 05:34 WIB
Ada banyak manfaat sarapan bersama keluarga (Gisela Niken)

Nakita.id – Kesibukan Ayah dan Ibu di pagi hari, terutama dalam mengurus anak dan bersiap pergi ke tempat kerja membuat segala sesuatu jadi harus dilakukan terburu-buru. Apalagi jika kita bangun kesiangan, wah pastinya pontang-panting. Namun, sesibuk apapun kita, rutinitas sarapan harus menjadi prioritas . Ada beberapa manfaat jika memiiki waktu sarapan yang berkualitas, tidak terburu-buru, serta dilakukan bersama dengan keluarga.

Baca juga: Mau Menurunkan Berat Badan? Hindari Makanan Berikut Saat Sarapan 

1. Makanan yang disantap di pagi hari ternyata sangat menentukan kegiatan kita selama satu hari. Molly Bray, Ph.D., seorang peneliti di University of Alabama di Birmingham mengatakan sarapan adalah syarat penting untuk Ibu dan keluarga agar bisa beraktivitas secara maksimal. “Makanan pertama yang masuk ke tubuh kita akan memengaruhi sistem metabolisme tubuh sepanjang hari,” ujar Molly Bray. 

2. Risiko terkena masalah metabolisme berkurang hingga 40% apabila kita rutin sarapan. Kondisi ini akan membuat jantung lebih sehat. Itulah kesimpulan dari studi yang diadakan American Heart Association Convention on Cardiovascular Disease Epidemiology.

3. Selain mencegah penyakit serius, sarapan rutin bersama keluarga ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini juga disimpulkan oleh studi yang diadakan American Heart Association Convention on Cardiovascular Disease Epidemiology.

Baca juga: Inspirasi Sarapan Sehat Untuk Anak 

4. Mengonsumsi sarapan yang sehat dapat membuat tubuh tak mudah lapar. Yang disarankan adalah sarapan dengan kandungan  serat (karbohidrat kompleks) dan protein seperti buah-buahan (pilih yang rasanya nyaman di perut), telur, susu, aneka olahan susu, atau gandum utuh. Asupan serat dan protein akan membuat Ibu kenyang lebih lama hingga mendekatan waktu makan siang dan tak banyak mengonsumsi camilan berkalori tinggi.

5. Sarapan rutin juga membantu Ayah, Ibu dan si kecil lebih berkonsentrasi karena perut tidak kosong dan tubuh mendapatkan cukup energi. Alhasil, sarapan juga membantu kita untuk bisa kreatif. 

Baca juga: Ini Sarapan Terbaik Menurut Ahli Gizi di Tahun 2017 

Hal tadi telah dibuktikan dalam studi yang dilakukan American Dietetic Association. Dalam studi ini, kelompok orang yang menyantap sarapan mampu menunjukkan performa kerja lebih baik dibanding kelompok orang yang tidak makan pagi. Tak hanya berdampak pada Ibu, sarapan di pagi hari juga membantu si kecil lebih bersemangat dalam belajar dan bermain.

Ternyata ada banyak manfaatnya jika kita rutin sarapan bersama keluarga dengan tidak terburu-buru.