6 Profesi dan Hobi yang Bikin Susah Punya Anak

By Irene Harris, Rabu, 3 Mei 2017 | 23:15 WIB
Menggunakan cat yang mengandung timbal saat melukis juga dapat membuat Ibu berisiko mengalami gangguan kesuburan. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Riset yang dimuat di jurnal Reproductive Biology and Endocrinology (2013) menyebutkan, sekitar 10-15% pasangan dapat mengalami masalah infertilitas. Para ahli menyebutkan bahwa selain faktor kesehatan reproduksi yang terganggu, faktor gaya hidup juga turut memengaruhi tingkat kesuburan pasangan suami-istri.

Siapa sangka, pekerjaan yang dijalani sehari-hari dan hobi yang sering dilakukan di waktu senggang ternyata bisa berdampak terhadap kesuburan Ibu dan Ayah? Berikut ini adalah jenis pekerjaan dan hobi yang bisa bikin susah punya anak:

Pekerjaan: 1. Di bidang pertanian Paparan zat kimia atau material lain di tempat kerja dapat berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi, baik Ibu maupun Ayah.

Para ayah yang banyak bekerja di area pertanian dan rumah kaca umumnya sering menggunakan pestisida dalam konsentrasi tinggi. Hasil penelitian mendapati adanya tingkat pestisida yang tinggi dalam urin para ayah. Hal ini secara keseluruhan dapat menurunkan kualitas cairan semen, jumlah sperma, dan tingkat kekentalan sperma Ayah hingga 60%.

Para ayah yang sering bekerja dengan zat organik pun tetap dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap istrinya, karena hal ini akan menurunkan tingkat keberhasilan proses implantasi dalam proses kehamilan.  

2. Di bidang pengelasan logam Pekerjaan di bidang ini membuat para ayah terpapar logam secara terus-menerus. Hal ini dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan reproduksi Ayah.

3. Di pabrik Paparan logam berat atau zat kimia yang didapat di pabrik bisa membuat Ayah atau Ibu mengalami masalah fertilitas. Para pekerja di pabrik baterai sering terkena paparan timbal, sehingga bisa menurunkan kemampuan reproduksi. Misalnya saja gangguan asthenozoospermia yang disebabkan pergerakan sperma yang lambat atau tidak gesit sehingga bisa menimbulkan kemandulan pada pria. Atau, teratospermia atau kelainan bentuk atau ukuran sel sperma, yang pada nantinya juga menimbulkan gangguan kesuburan pada pria, sehingga susah punya anak.

Hobi: 1. Berkebun Hobi berkebun bisa membuat Ibu dan Ayah lebih sering terpapar pestisida, sehingga dampak yang diterima hampir sama seperti mereka yang bekerja di area pertanian.

2. Membuat perhiasan, keramik atau kerajinan kaca patri Hobi seperti ini bisa membuat Ibu dan Ayah terkena paparan timbal sehingga susah punya anak.

3. Melukis Menggunakan cat yang mengandung timbal saat melukis juga dapat membuat Ibu dan Ayah lebih berisiko mengalami gangguan kesuburan.

Tidak disangka, bukan? Ternyata ada jenis hobi dan pekerjaan yang menurunkan kesuburan Ayah dan Ibu.