Ini Manfaat Tak Terduga Jika Mandi Air Dingin di Pagi Hari

By Gisela Niken, Rabu, 10 Mei 2017 | 05:27 WIB
Mandi air dingin membuat Ibu (Dini Felicitas)

Nakita.id – Mandi air hangat biasanya dipilih oleh banyak orang pada pagi hari. Alasannya tentu sederhana, agar tubuh tidak kedinginan. Tapi ternyata ada manfaat lainnya jika Ibu mandi dengan air dingin di pagi hari. Ini dia manfaat yang bisa Ibu ambil dengan mandi air dingin, terutama di pagi hari.

Baca juga: Trik Mengatasi Anak yang Susah Mandi

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ternyata ada penelitian yang menunjukkan bahwa paparan dingin dapat membantu tubuh dalam mengatasi infeksi. Seperti yang dilansir Harvard Health Publication. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Kanada melibatkan percobaan dengan tikus dan menunjukkan bahwa paparan dingin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Alexa Fleckenstein, M.D., dalam bukunya Health20 - Tap into the Healing Power of Water mengungkapkan saat air dingin menyentuh kulit, ujung saraf mengaktifkan endorfin di otak yang merangsang sistem kekebalan tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Penelitian seputar hubungan mandi air dingin dan berat badan sudah dilakukan berpuluh tahun yang lalu. Salah satu studi yang cukup terkenal diterbitkan pada 1985 dalam Journal of Applied Psychology. Dalam penelitian ini, para peneliti juga melihat hubungan pembakaran kalori dan lemak pada pria dengan kegiatan mandi air dingin. Mereka menemukan bahwa air dingin membuat karbohidrat berubah menjadi energi agar membuat tubuh tetap hangat.

Baca juga:Awas, Jangan Mandi pada Jam-jam Ini! 

3. Menghaluskan kulit dan merawat rambut

Ingin punya kulit dan rambut yang sempurna? Ternyata penampilan dapat semakin baik dengan bantuan mandi air dingin. Air panas ternyata memiliki kecenderungan dapat mengeringkan kulit sementara air dingin dapat mengencangkan pori-pori sehingga mencegah kotoran masuk ataupun pori-pori tersumbat. Jessica Krant, seorang ahli dermatologi mengatakan air dingin dapat mengencangan kulit karena memperlancar aliran darah. Pada rambut, air dingin dapat membuat rambut lebih bersinar, kuat dan sehat.

4. Mengurangi stres

Mandi air dingin ternyata dapat membantu Ibu mengurangi stres bahkan penyakit. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Free Radical Biology and Medicine mengungapkan terjadinya penurunan kadar asam urat dalam darah selama tubuh mendapat stimulasi dari air dingin. Dalam studi ini juga dilihat adanya peningkatan produksi antioksidan yakni glutathione. Antioksidan ini menjaga seluruh antioksidan tetap tinggi dalam tubuh.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Mandi Yang Berdampak Buruk Untuk Kulit