Kebiasaan Saat Hamil Ini Dapat Membantu Ibu Melahirkan Secara Normal

By Heni Wiradimaja, Rabu, 24 Mei 2017 | 02:45 WIB
Agar melahirkan secara normal, Ibu perlu melakukan beberapa persiapan (Heni Wiradimaja)

Nakita.id – Banyak Ibu yang mengidam-idamkan untuk melahirkan normal. Ternyata ada banyak manfaat yang bisa Ibu dapatkan jika melahirkan dengan proses normal.

Menurut dr. Achmad Mediana, SpOG, dalam tabloid Nakita Edisi 876 mengatakan proses melahirkan normal akan membantu proses pemulihan yang lebih cepat.

Selain itu, melahirkan normal juga akan meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Bayi yang keluar melewati vagina akan mendapatkan bakteri baik yang dapat memberikan kekebalan tubuh padanya.

Berbagai manfaat dan keuntungan ini membuat banyak Ibu sangat ingin melahirkan secara normal. Untuk itu, Ibu perlu tahu hal-hal apa saja yang dapat membantu persalinan secara normal.

Baca juga: 7 Keuntungan Melahirkan Secara Normal yang Jadi Impian Ibu Hamil

Banyak melakukan aktivitas fisik

Ryan Dickreson, M.D., seorang dokter obgin di Baton Rouge, Lousiana, Amerika Serikat memberikan gambaran bahwa melahirkan secara normal sangat membutuhkan energi dan stamina.

“Layaknya seorang atlit olahraga, kita perlu melakukan kegiatan fisik secara teratur agar mendapatkan stamina melakukan olahraga yang panjang,” ujarnya. Jika ingin lebih kuat dan berstamina saat persalinan normal ada baiknya Ibu mulai berolahraga secara teratur sejak trimester pertama kehamilan.

Dr. Dickerson memiliki resep yang sangat mudah yakni 30 menit olahraga ringan dana seminggu. Berjalan kaki, melakukan yoga atau senam hamil menjadi contoh kegiatan olahraga yang bisa Ibu lakukan.

Baca juga: Agar Luka Jahitan Usai Melahirkan Normal Cepat Sembuh

Namun pastikan Ibu mendapatkan izin dari dokter untuk melakukan olahraga tersebut. Ingat bahwa olahraga juga bertujuan membuat Ibu lebih rileks. Jangan memaksakan diri untuk berolahraga terlalu keras.

Fokus dan tenangkan pikiran