Cokelat Mengurangi Risiko Preeklamsia, Penyebab Kematian Tertinggi Pada Ibu Hamil

By Fadhila Auliya Widiaputri, Senin, 26 Maret 2018 | 09:38 WIB
Kenali gangguan preeklemsia (Pixabay)

Nakita.id – Gangguan preeklamsia merupakan gangguan penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian pada ibu hamil.

Dilansir dari penelitian Mayo Clinic, preeklamsia ialah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi dan tanda-tanda kerusakan sistem organ lain.

Organ yang paling sering mengalami kerusakan ialah pada bagian hati dan ginjal.

BACA JUGA: Konsep Warna Sangat Penting Untuk Otak Anak Usia 4-6 Tahun

Gangguan preeklamsia ini bisanya dimulai setelah 20 minggu usia kehamilan pada perempuan dengan tekanan darah yang normal.

Nah dilansir dari Serial Buku Nakita: The Golden Years, salah satu cara yang dapat mengurangi risiko preeklamsia ialah dengan mengonsumsi cokelat.

Hal ini dikemukakan dalam hasil riset dari Yale Center for Perinatal, Pediatric and Environmental Epidemiology, Universitas Yale, AS.

Dimana dalam hasil riset ini ditemukan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi cokelat setiap hari menurunkan risiko mengalami preeklamsia bahkan hingga 70%.

BACA JUGA: Susah Dapat Anak Kedua? Segera Lakukan Ini Agar Cepat Hamil

Penurunan ini terjadi karena adanya kandungan zat kimia theobromine yang dapat meningkatkan sirkulasi dalam plasenta dengan memblok zat kimia yang berkaitan dengan stres.

Selain itu, theobromine juga dapat menstimulasi jantung, merelaksasi otot-otot jantung, dan memperbesar pembuluh darah ibu hamil.

Intinya, ibu hamil dengan kadar theobromine yang tinggi memiliki kemungkinan hampir 70% lebih rendah untuk mengalami preeklamsia dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar theobromine yang rendah.