Pelaku Pelecehan Seksual Anak Sulit Dideteksi, Lakukan ini Agar Anak Terlindungi!

By Amelia Puteri, Kamis, 29 Maret 2018 | 19:51 WIB
Pelaku kekerasan seksual pada anak sulit dideteksi ()

 

Nakita.id - Pola pengasuhan orangtua yang penuh akan kasih sayang kepada anak itu penting, agar anak terhindar dari bujukan pelaku kekerasan seksual pada anak.

Salah satunya, dengan tidak sering membujuk atau merayu Si Kecil, sehingga ketika ia mengenal dunia luar pun, ia juga tak mudah dibujuk dan dirayu orang lain.

Hal ini lantaran pelaku kekerasan seksual anak kebanyakan berasal dari orang-orang terdekat yang mengetahui situasi dan kondisi anak, termasuk kondisi keluarga anak.

BACA JUGA: Perempuan dengan 5 Zodiak Ini Pintar Curi Perhatian, Moms Termasuk?

Moms mungkin bertanya-tanya apakah ada cara untuk mengetahui, atau ciri khas seorang pelaku kekerasan seksual pada anak.

Diwawancarai oleh NakitaID pada Sabtu (24/3/2018) dalam acara "Stop Kekerasan Seksual Pada Anak" Retno menerangkan, untuk mendeteksi pelaku dari pengamatan visual, diakui memang agak sulit.

"Melakukan screening terhadap siapa yang berpotensi (melakukan pelecehan seksual anak) memang agak sulit, karena sebagai orangtua harus lebih sadar bagaimana anak menjalin relasi dengan orang lain, apakah di batas yang wajar atau tidak," jelasnya.

BACA JUGA: Waspada! Wajah Anak ini Melepuh Setelah Pakai Make Up Mainan

"Memang tidak ada karakteristik tertentu, karena pelaku kekerasan seksual rata-rata ramah pada anak, berpakaian rapi, bersih, dan menyenangkan, jadi anak tidak merasa terancam," tambahnya.

Supaya menghindari anak agar tak terpengaruh oleh rayuan pelaku kekerasan seksual, menurut Retno, orangtua harus menjalin komunikasi yang dekat dengan anak.