Mau Wajah Kembali Bersinar Setelah Melahirkan? Yuk Coba Cara Mudah dan Murah Ini!

By Saeful Imam, Kamis, 3 Agustus 2017 | 02:45 WIB
Merawat kulit setelah melahirkan bisa dilakukan dengan cara mudah dan murah (Saeful Imam)

Nakita.id – Kehamilan membuat Ibu mau tak mau tidak memedulikan perawatan diri sendiri termasuk soal wajah. Setelah si kecil lahir, saatnya Ibu mengembalikan wajah menjadi bersinar. Begini cara mudah dan murah untuk merawat wajah setelah melahirkan.

1. Banyak minum air putih

Setelah melahirkan ada baiknya Ibu meningkatkan asupan air putih sehari-hari. Air putih yang Ibu konsumsi dapat membantu produksi ASI. Bonusnya, asupan air putih tadi dapat merawat kulit setelah melahirkan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science pada 2007 menunjukkan minum 2,25 liter air setiap hari akan mengubah kerapatan dan ketebalan kulit. Penelitian lain dari University of Missouri, Colombia menunjukkan peningkatan konsumsi dua gelas air minum sehari dapat meningkatkan aliran darah ke kulit.

Baca juga: Begini Cara Jadikan Kulit Wajah Ibu Sehalus Bayi

2. Perbanyak makan bawang putih

Salah satu masalah kulit yang muncul setelah melahirkan adalah jerawat. Perubahan hormon setelah melahirkan akan menyebabkan munculnya jerawat. Salah satu obat alami yang patut dicoba adalah bawang putih.

Meski memiliki aroma yang kuat, bawang putih bersifat antibakteri. “Sifat anti-bakteri itulah yang membantu menyelesaikan masalah jerawat di wajah,” ujar Dr. Jessica Krant, MD, seorang profesor dermatologi di SUNY Downstate Medical Center, New York. Bawang putih yang telah dihaluskan juga mengandung allicin , senyawa yang merupakan anti-bakteri.

Baca juga: Tampil Cantik Setelah Melahirkan? Ini Rahasianya! 

3. Rajin membersihkan wajah

Bukan berarti Ibu absen membersihkan wajah karena merasa hanya berada di rumah saja. Membersihkan wajah ternyata jadi hal sederhana yang mudah dan murah untuk merawat wajah setelah melahirkan.

Karen M. Horton, MD, ahli bedah plastik di Women’s Plastic Surgery Center, San Frasnsico mengungkapkan dengan membersihkan wajah hal ini akan mengangkat sel kulit mati. Wajah yang bersih juga akan membantu terbentunya kolagen dan sel kulit wajah yang baru.