Cegah Kegemukan Saat Hamil dengan Memerhatikan 6 Tip Ini

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 9 Agustus 2017 | 10:30 WIB
Kelebihan berat badan selama hamil tidak menjamin bahwa bayi akan menjadi tidak sehat atau ibu akan mengalami komplikasi. (Santi Hartono)

Nakita.id - Setiap ibu hamil yang memiliki kelebihan berat badan, pasti selalu ada kekhawatiran terkait dengan implikasi kesehatan saat dan setelah melahirkan. Namun, itu semua bisa diakali dengan pola makan sehat dan olahraga ringan untuk mencapai kehamilan yang sehat.

"Mencapai kehamilan yang sehat, tidak peduli berat badan atau ukuran pakaian si calon ibu, sebagian besar didasarkan pada kebiasaan sehat," kata Kendra Tolbert, ahli diet dan ahli gizi dari Alexandria, Virginia, dan  juga pemilik Live Fertile, sebuah situs yang menyediakan informasi tentang kehamilan sehat.

Berikut adalah beberapa tip yang akan membantu calon ibu untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

1. Siapkan kehamilan terlebih dahulu

Jika Ibu berencana untuk hamil, ambil waktu 1 tahun untuk mulai mempersiapkan segala hal. Mulai dari mengonsumsi vitamin prenatal, olahraga hingga mempersiapkan keuangan.

Baca juga : Satu Lagi Alasan Ibu Tidak Boleh Obesitas Saat Hamil

Membuat perubahan kecil terhadap kesehatan dapat membuat perbedaan besar selama kehamilan kita, kata Diane Vista-Deck, MD seorang OB / GYN di Harper University Hospital di Detroit, Michigan.

"Bahkan penurunan berat badan 5 sampai 7 persen secara signifikan dapat memperbaiki hasil kehamilan," sambungnya.

2. Pastikan Ibu sering bergerak

Jika telah menjalani masa kehamilan, mungkin ini bukan saat yang tepat untuk memulai rutinitas olahraga yang baru, namun kita tetap bisa melakukan olahraga ringan seperti biasanya, tapi perlu berkonsultasi telebih dahulu dengan dokter.

Menurut Diane, perempuan yang tidak aktif olahraga sebelun hamil dapat memulai rutinitas olahraga jalan kaki, mengikuti kelas yoga prenatal serta melakukan peregangan setiap hari.

Baca juga : Waspada, Gemuk Saat Hamil Bukan Berarti Sudah Cukup Gizi