Anak yang Sering Melakukan Ini Merupakan Anak Cerdas Berbakat

By Saeful Imam, Kamis, 10 Agustus 2017 | 03:30 WIB
Tanda anak cerdas berbakat ternyata mudah diketahui (Saeful Imam)

Nakita.id – Tak hanya cerdas, setiap orangtua pastinya menginginkan si kecil punya bakat-bakat misalnya bakat bermain musik atau bakat menggambar. Ternyata, kecerdasan dan bakat itu bisa kita lihat sejak usia dini.  Cara mendeteksinya juga ternyata mudah untuk dilakukan! Ketika mengetahui tanda anak cerdas berbakat, Ibu tinggal mengetahui cara tepat untuk mengasahnya.

Baca juga: Tanda-tanda Anak Punya Kecerdasan Tinggi

1.Menggambar sesuatu yang detil

Saat anak menggambar, Ibu mendapati ia menggambar hal-hal yang detil? Bisa jadi ini tanda anak cerdas berbakat. Sebuah studi tahun 2016 yang dilakukan di Pusat Penelitian Bakat Universitas Radboud Belanda menemukan bahwa anak yang menggambarkan detail-detail khusus saat menggambar manusia bisa jadi tanda bahwa ia cerdas.

Menurut Sven Mathijssen, anak yang menggambar alis, bulu mata dan detil lainnya di tubuh manusia bisa jadi tanda kecerdasan. Meski penelitian ini tidak mengukur IQ atau tingkat kecerdasan seseorang, hal ini bisa membantu Ibu untuk melihat tanda-tanda kecerdasan dan bakat yang dimiliki si kecil.

Baca juga: Ikatan Batin Ibu dan Anak Membuat Anak Cerdas 

2.Mudah mengingat informasi sekitarnya

Saat melewati jalan tertentu, si kecil ternyata tahu bahwa jalan ini akan menuju ke sebuah tempat yang pernah ia lewati. Atau ketika di rumah ia mampu menggambarkan situasi serta benda-benda yang ia lihat saat di jalan. Ia juga cenderung mudah bercerita mengenai apa yang ia lalui sepanjang hari ini.

Ternyata kebiasaan sederhana ini adalah tanda anak cerdas berbakat. Saat ia mampu menuangkan kembali apa yang telah ia lihat sebelumnya, artinya ia berbakat menyerap dan informasi yang ada di sekitarnya. Kelak anak akan mengingat konsep dengan sangat mudah sehingga saat belajar tak hanya menghapal saja tetapi memiliki kemampuan untuk memahami sesuatu.

Baca juga: Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Membantu Anak Cerdas Sejak Bayi 

3.Pintar bermain musik atau punya kemampuan bermusik

Anak yang kenal musik atau pintar nada juga merupakan tanda anak cerdas berbakat. Misalnya ketika anak yang tidak fals saat menyanyikan sebuah lagu atau bisa menirukan bermain alat musik dengan cepat. Anak yang mudah meniru lagu yang baru saja didengar juga tanda anak cerdas berbakat. 

Sebuah studi pada tahun 2012 menunjukkan bahwa orang yang terbiasa dengan musik akan mengembangkan respons saraf di otak. Artinya, proses informasi di otak lebih baik terutama di bidang bahasa. Hal ini juga membantu anak menyerap informasi atau ilmu lebih cepat dibanding anak pada umumnya.