Ini Bukti Kedekatan Rio Dewanto dan Anak Perempuannya, Menggemaskan!

By Saeful Imam, Selasa, 15 Agustus 2017 | 03:00 WIB
Papa Rio Dewanto, bukti kedekatan ayah dan anak perempuannya (Saeful Imam)

Nakita.id – Kedekatan Ibu dan anak memang tak diragukan lagi. Namun, bagaimana dengan para Ayah? Meskipun tidak mengalami gerakan janin atau merasakan sakitnya proses persalinan, seorang Ayah juga perlu menjalin kedekatan dengan anak. Hal ini yang dirasakan oleh Rio Dewanto.

Pemain film ini kini mengalami banyak perubahan setelah putri pertamanya, Salma Jihane Putri Dewanto, lahir. Dilansir dari Nova.id, sang istri Atiqah Hasiholan mengakui bahwa sang suami menaruh perhatian lebih pada putri pertama mereka.

Baca juga: Dampak Positif Kedekatan Ayah dan Anak

“Dia kalau sama Salma itu aku ajak ngomong pasti nggak dijawab. Aku jadi merasa dikacangin,” ungkapnya tertawa sambil menatap Rio di sela-sela acara aqiqah putrinya beberapa waktu lalu. Tak merasa cemburu, justru Atiqah mengaku senang karena ia dapat berbagi tugas dengan sang suami.

Di akun instagramnya, Rio Dewanto juga terlihat mengunggah kebersamaan bersama Salma. Hal ini menggambarkan kedekatan sosok Ayah dengan anak perempuannya. Kedekatan ini sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Menurut psikolog Ditta M. Oliker, Ph.D. ada beberapa manfaat jika Ayah menjalin kedekatan dengan si kecil. Pada 6 bulan pertama yang kerap mendapatkan perawatah dari ayah terbukti memiliki perkembangan motorik yang lebih baik. Ayah dapat melakukan stimulasi untuk merangsang kecerdasan anak

Ayah yang meluangkan waktu bermain dengan anak berusia 0 hingga 2 tahun membantu perkembangan sensor motorik mereka. Sementara itu, Ayah juga berperan dapat mengatur emosi, rasa percaya diri dan membangun relasi sosial yang baik.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Anak Perlu Dekat dengan Ayah 

Sementara sebuah studi yang dilakukan Canadian Institutes of Health Research mengungkapkan adanya hubungan antara Ayah dengan anak perempuan. Anak yang dibesarkan tanpa dukungan dari seorang ayah akan memiliki masalah emosinal di sekolah dibanding anak perempuan lainnya.

Baca juga: 5 Kebaikan yang Tumbuh pada Anak Jika Sering Main dengan Ayah

Melihat begitu banyak manfaat dalam hubungan antara Ayah dan anak perempuan, Ibu perlu mendorong kedekatan antara Ayah dan si kecil. Membiarkan Ayah mengasuh atau merawat si kecil beberapa saat bisa jadi cara sederhana yang bisa dilakukan. Di samping itu, Ibu jadi bisa melakukan hal lainnya dan berbagi tugas dengan Ayah.