Ayah yang Melakukan Ini Saat Istri Hamil Akan Memiliki Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 28 Agustus 2017 | 00:45 WIB
Ayah bisa memainkan peran agar anak cerdas sejak dalam kandungan (Santi Hartono)

Nakita.id – Ada banyak faktor yang memengaruhi pembentukan otak janin selama kehamilan. Nutrisi pastinya jadi faktor utama yang penting diperhatikan para Ibu agar memiliki anak cerdas sejak dalam kandungan.

Tak hanya berhenti di situ saja, Ibu perlu mengetahui adanya faktor-faktor lain yang membantu perkembangan otak janin. Keterlibatan Ayah dalam kehamilan ternyata bisa berpengaruh agar Ibu memiliki anak cerdas sejak dalam kandungan. Lalu, apa yang perlu Ayah lakukan dalam hal ini?

Baca juga: Cara Sederhana Untuk Membangun Ikatan Batin Ayah dan Janin 

1. Melakukan berbagai hal agar Ibu jadi lebih bahagia

Ibu hamil akan mengalami perubahan hormon sehingga membuatnya mudah berubah mood. Artinya, Ayah perlu menerima kondisi bahwa istri akan lebih manja atau lebih mudah bad mood.

Ibu hamil yang tidak bahagia akan membuat dirinya menjadi stres. Padahal, ada hubungan antara stres saat hamil dengan tumbuh kembang janin.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Pediatric Research pada 2016 mengungkapkan adanya hubungan antara stres saat hamil dengan kecerdasan emosi ketika anak lahir. Ibu hamil yang sering stres berpotensi memiliki bayi sensitif  yang tempramental dan mudah rewel.

Baca juga: Penting: Persiapan Emosi Ayah dan Ibu Sebelum Hamil 

2. Sering mengusap perut Ibu hamil

Jangan kira bayi tidak melakukan apa-apa saat dalam kandungan. Ibu mungkin menganggap bahwa janin hanya bisa tidur dalam kandungan.

Padahal, ia sudah melakukan berbagai kegiatan misalnya mengetahui adanya rangsangan dari luar. Nah, hal ini perlu ada stimulasi yang tepat yakni dengan mengusap perut Ibu hamil.

Deborah Peters dari Lamaze Certified Childbirth mengungkapkan Ayah yang sering meletakkan tanggannya di perut Ibu adalah cara paling mudah membuat janin terstimulus.