Berapa Kali Bayi Harus Mandi dalam Sehari? Ini Jawaban Ahli!

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 30 Agustus 2017 | 23:00 WIB
Memandikan bayi baru lahir tidak perlu langsung menggunakan air (Foto; Baby Center) (Gisela Niken)

Nakita.id – Perawatan bayi yang jadi sorotan para Ibu adalah mandi. Memilih produk kosmetik yang aan serta memastikan waktu mandi adalah waktu menyenangkan bagi anak tentunya jadi hal yang sering dilakukan para Ibu.

Ibu mungkin saja bertanya-tanya sebenarnya berapa kali bayi harus mandi dalam sehari? Steven P. Shelov, MD, MS, FAAP, profesor di bidang pediatri mengatakan bahwa tidak ada patokan berapa kali bayi harus mandi. Penting bagi untuk Ibu melihat kebutuhan bayi karena tentunya beda bayi beda pula perawatannya.

Baca juga: Cara Tepat Memandikan Bayi Baru Lahir

Bayi pada usia yang lebih aktif misalnya butuh dua kali mandi karena keringat yang keluar sehingga perlu lebih sering dibersihkan. Sementara pada bayi baru lahir, mandi terlalu sering justru membuat kulit bayi menjadi kering. Jangan lupa untuk membersihkan area yang kadang terlupakan seperti area lipatan tubuh.

Bagaimana dengan waktu mandi? Mana yang lebih baik? Tentu saja setiap bayi dan juga Ibu punya kebiasaan berbeda dalam hal ini. Cari waktu yang tidak membuat Ibu terburu-buru memandikan anak. Beberapa Ibu memilih memandikan anak di pagi hari karena anak dalam kondisi segar sehabis bangun tidur.Hindari memandikan anak setelah diberi makan. Berikan waktu sejenak untuk makanan yang masuk dicerna oleh tubuh.

Baca juga: Momen Mandi Bisa Menstimulasi Panca Indra Bayi, Lho! 

Agar waktu mandi menjadi menyenangkan dan aman untuk bayi, ada baiknya Ibu memerhatikan beberapa langkah berikut ini.

Memilih suhu yang tepat

Air yang diisi dalam bak mandi sebaiknya memiliki suhu suam-suam kuku. Menurut Jennifer Shu, MD, penulis buku Heading Home with Your Newborn. Penting bagi Ibu untuk memeriksa suhu air. “Sebaiknya hangat tapi tidak terlalu panas. Segera selesaikan waktu mandi jika air sudah terlalu dingin,” ujarnya.

Baca juga: Penting Memperhatikan Kadar pH pada Sabun Mandi Bayi 

Pintar memilih sabun bayi

Menurut Ari Brown, MD, penulis buku Baby 411, Ibu perlu cermat memilih produk kosmetik bagi bayi. Menurutnya, salah satu jenis sabun yang aman adalah yang tidak mengandung parfum atau wangi-wangian. Segera hentikan pemakaian sabun maupun sampo jika terlihat ada gangguan pada kulit.