Waspada, 3 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Anemia Saat Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 4 September 2017 | 04:15 WIB
Penyebab anemia saat hamil yang sebaiknya dihindari (Santi Hartono)

Nakita.id – Salah satu gangguan yang mungkin terjadi selama hamil adalah mengalami anemia. Jika Ibu mengalami anemia artinya sel darah merah sehat dalam tubuh jumlahnya tak cukup untuk membawa oksigen sampai ke janin.

Biasanya anemia memang menyebabkan Ibu jadi lebih lelah selama kehamilan. Namun, anemia yang tak ditangani dengan benar juga berisiko cukup besar misalnya mengalami persalinan prematur. Maka, ada baiknya Ibu memerhatikan kebiasaan berikut yang jadi penyebab anemia saat hamil.

Baca juga: Cegah IQ Turun Gara-gara Anemia 

1.Tidak cukup mengonsumsi zat besi

Zat besi menjadi salah satu jenis nutrisi yang kerap dilupakan Ibu hamil. Padahal, kekurangan zat besi jadi salah satu penyebab anemia. Dilansir dari MayoClinic, Ibu hamil membutuhkan sekitar 27 miligram zat besi setiap harinya.

Selain mengonsumsi asupan vitamin prenatal, Ibu juga bisa mengonsumsi makanan kaya zat besi. Makanan tersebut antara lain daging sapi dan unggas tanpa lemak serta ikan. Ibu juga perlu banyak mengonsumsi vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk dan tomat agar penyerapan zat besi oleh tubuh berlangsung lebih baik.

Baca juga: Kiat Mencegah Anemia Saat Hamil 

2.Menganggap remeh morning sickness

Morning sickness atau mual dan muntah yang biasanya terjadi pada trimester awal kehamilan adalah hal yang normal terjadi. Sayangnya, Ibu tak selamanya menganggap masalah ini adaah hal yang normal. Mual dan muntah yang berlebihan juga berpotensi menyebabkan anemia.

Dalam bahasa medis, mual muntah secara berlebihan disebut hiperemesis gravidarum. Menurut dr. Nurhasanah Puji Lestari, SpOG, gejala yang paling mudah dikenali antara lain muntah yang berlangsung terus-menerus seharian.

Dalam tabloid Nakita Edisi 926, dr. Nurhasanah mengungkapkan, kehilangan nafsu makan dan tidak dapat mengonsumsi makanan atau minuman apapun karena mual dan ingin muntah merupakan kondisi yang perlu diwaspadai.

Baca juga: Lelah Tidak Hilang Usai Melahirkan? Bisa Jadi Ibu Kena Anemia