Seorang Anak Lumpuh Karena Terkena Herpes Sejak Bayi, Penyebabnya Ternyata Karena Kebiasaan Sepele!

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 11 September 2017 | 05:30 WIB
Seorang Anak Lumpuh Karena Terkena Herpes Sejak Bayi, Penyebabnya Ternyata Karena Kebiasaan Sepele! (Santi Hartono)

Nakita.id – Kewaspadaan seorang Ibu memang terus dibutuhkan karena kebiasaan sepele pun dapat membahayakan anak. Hal ini pula yang terjadi pada seorang anak Melody yang kini berusia 13 tahun. Kini, anak asal Inggris tersebut mengalami lumpuh total.

Dilansir dari Grid.id,  Melody terkena virus herpes sejak bayi. Siapa sangka penyebab herpes yang dialaminya cukup sepele dan hampir dialami banyak orangtua. Pada 2004, Melody lahir dengan sehat dan normal. Namun dokter mengatakan bahwa Melody terserang herpes.

Baca juga: Ini Bahaya Memberi Pisang Pada bayi 0-6 Bulan

Siapa sangka virus herpes yang menyerangnya itu datang dari orang-orang yang mengunjunginya dan menciumnya. Sistem kekebalan tubuh bayi yang masih sangat rendah membuat bayi sangat berisiko terinfeksi berbagai penyakit.

Dari kisah di atas, Ibu sebaiknya lebih menjaga bayi khususnya pada bayi baru lahir. Tentu saja kehadiran si kecil membuat bahagia banyak orang sehingga mereka mengekspresikannya dengan mencium si kecil. Namun, Ibu perlu memerhatikan keselamatan bayi.

Jangan biarkan orang lain untuk mencium bayi di area wajah. Sebagai orangtua, Ibu perlu tegas memberikan larangan dan aturan saat orang lain menjenguk si kecil.

Baca juga: Ini Bahaya Pelampung Leher Bagi Bayi yang Ibu Belum Tahu

Jauhkan paparan lain yang membahayakan misalnya asap rokok. Sebaiknya Ibu meminta para perokok untuk tidak terlalu mendekat dengan bayi. Asap rokok yang menempel di pakaian juga rentan berdampak pada bayi.

Hal tak kalah penting yang perlu Ibu perhatikan adalah memastikan tangan dalam kondisi steril dan bersih saat memegang bayi baru lahir. Kuman yang menempel dari lingkungan luar sangat rentan berpindah ke bayi. Pastikan teman-teman terdekat sudah mencuci tangan sebelum bermain-main dengan si kecil.

Baca juga: Bahaya SIDS, Sindrom Kematian Mendadak Pada bayi 

Sebagai orangtua, Ibu perlu tegas dalam rambu-rambu menjenguk bayi baru lahir. Dampak buruk bayi yang terpapar virus atau kuman dari orang lain sangat mungkin terjadi. Jadi, Ibu yang punya peran penting untuk menjaganya!