Inovasi Baru Atasi Masalah Kesuburan Pada Wanita, Begini Caranya

By Kirana Riyantika, Kamis, 29 November 2018 | 19:36 WIB
Inovasi baru atasi kesuburan wanita (iStock)

Nakita.id - Memiliki keturunan setelah menikah tentu menjadi dambaan semua pasangan suami istri karena kehadiran anak di tengah keluarga dipercaya dapat menambah kehangatan dan keceriaan.

Namun tidak semua pasangan dikaruniai anak dalam waktu singkat, bahkan bisa tidak sama sekali.

Baca Juga : Tak Terekspos, Kecantikan Anak Ariel NOAH Bernama Allea Anata Menawan Mirip Ayahnya

Kondisi ini disebut infertilitas atau ketidaksuburan, yaitu suatu keadaan di mana belum terjadi kehamilan meski tidak menggunakan kontrasepsi apa pun, padahal melakukan hubungan seksual secara teratur selama 6 bulan sampai 1 tahun.

Infertilitas biasanya tergantung pada penyebab utamanya yang perlu dicari tahu sebelum dokter kebidanan dan kandungan dapat memberikan rekomendasi untuk program kehamilan.

“Sebelum menentukan jenis program kehamilan yang akan dilakukan, perlu dipastikan terlebih dahulu apa penyebab sulit hamil tersebut.

Memang tidak semua dapat dijelaskan penyebabnya. 20% yang tidak diketahui penyebabnya, disebut sebagai "unexplain infertility”, ujar konsultan obstetri dan ginekologi dengan subspesialisasi fertilitas Siloam Hospitals Kebon Jeruk Dr. med. Ferdhy Suryadi Suwandinata, Sp.OG(K-FER) di Jakarta, Rabu (28/11/2018).