Anak Perempuan Atiqah Hasiholan Justru Sangat Mirip dengan Rio Dewanto! Ternyata, Ini Alasan Medisnya

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 13 September 2017 | 23:00 WIB
Anak mirip dengan ayah apa faktornya? (Santi Hartono)

Nakita.id – Orangtua dan anak pastinya memiliki kemiripan baik dari segi fisik maupun perilaku. Baru-baru ini artis Atiqah Hasiholan mengunggah foto-foto dirinya dan suaminya, Rio Dewanto semasa bayi. Hal ini dilakukan sebagai caranya melihat bukti kemiripan antara dirinya dan anaknya, Salma.

Tak disangka justru Salma terlihat memiliki banyak kemiripan dengan Rio Dewanto sewaktu kecil. Memang sejak Salma lahir, banyak netizen yang berpendapat bahwa anak perempuannya itu sangat mirip dengan Rio Dewanto.

Baca juga: Kecerdasan Anak Menurun dari Ibu, Benarkah? 

Kondisi ini tidak hanya terjadi pada Atiqah Hasiholan saja. Mama Chelsea Olivia sering mengunggah foto anaknya, Nastusha yang sangat terlihat mirip dengan sang suami, Glenn Alinskie. Sebenarnya apa saja ya faktor-faktor yang membuat seorang anak mirip dengan sang Ayah?

Ternyata memang anak lebih banyak dipengaruhi oleh genetik Ayah. Hal tersebut diungkapkan  Professor Fernando Pardo-Manuel de Villena, University of North Carolina School of Medicine.

Baca juga: Viral! Anak Berusia Dua tahun Ini Sangat Mirip dengan Ed Sheeran

Memang betul Ibu dan Ayah menyumbang peranan dalam kondisi fisik dan kecerdasan anak, tapi sebagian besar perkembangan anak  secara bawaan lebih banyak dipengaruhi oleh genetik ayah. Sebagian besar mutasi genetik dipengaruhi oleh DNA ayah.

Maka tak heran jika banyak anak meskipun perempuan justru mirip dengan Ayah. Sama seperti yang terjadi pada Mama Atiqah Hasiholan. Tapi hal ini bukan berarti terjadi pada setiap anak. Bisa saja ada anak yang sangat mirip dengan sang Ibu.

Baca juga: Meski Bukan Anak Kandung, Ini Bukti Vania dan Venna Melinda Punya Kemiripan! 

Para Ibu tak perlu khawatir sebab ada pula genetik Ibu yang menurun pada anak. Salah satunya adalah kecerdasan! Penelitian yang diterbitkan dalam Psychology Spot mengungkapkan gen kecerdasan memang biasanya menurun dari ibu.

Ternyata, kepercayaan atau mitos yang dipercaya orang soal kecerdasan anak ini benar-benar terjadi. Gen kecerdasan berada di kromosom X sedangkan perempuan membawa dua gen kromosom X.

Artinya, anak akan lebih mungkin mendapatkan kecerdasan mereka dari ibu. Seorang anak akan memiliki peluang mendapatkan turunan kecerdasan hingga 2 kali lipat dari Ibu dibandingkan dengan Ayah.