8 Aturan yang Perlu Ibu Ikuti Jika Menginginkan Vagina Selalu Sehat, Harum, dan Kesat

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 11 Oktober 2017 | 03:30 WIB
Mengencangkan Vagina (Julie Erikania)

Nakita.id - Kesehatan vagina dapat dilindungi dengan mengikuti beberapa langkah sederhana. Sebelum tahu bagaimana cara menjaga kesehatan vagina, Ibu perlu memahami apa arti vagina yang sehat.

Vagina umumnya memiliki pH asam dan mengandung bakteri sehat yang baik yang membantu menangkis infeksi dan membuatnya tetap dilumasi secara alami.

Vagina yang sehat juga mengeluarkan sejumlah kecil cairan. Pelepasan ini adalah reaksi fisiologis normal yang terjadi karena penumpahan sel serviks dan vagina.

Tapi jika seorang perempuan mengalami perubahan bau vagina atau perubahan warna pelepasan bersamaan dengan ketidaknyamanan, maka ini perlu dievaluasi.

Ada beberapa tip sehat untuk vagina yang perlu Ibu ikuti untuk memastikan vagina tetap sehat, harum dan kesat.

(Baca juga : Cara Mengobati Jerawat di Vagina)

1. Lindungi kadar pH tanpa Douching: Biasanya, keseimbangan pH di vagina adalah 3,8 sampai 4,5. Tapi douching bisa mengganggu keseimbangan pH vagina dan mengganggu bioma vagina yang sehat. Hal ini dapat mengatur tahap infeksi bakteri.

2. Menjaga diet sehat: Mengikuti diet seimbang dan bergizi dan minum banyak air merupakan kunci kesehatan baik vagina maupun reproduksi. Makanan seperti yogurt dan probiotik lainnya membantu dalam mengobati masalah kesehatan vagina.

3. Melakukan seks aman untuk menghindari kuman:  Menggunakan kondom saat bersenggama membantu mencegah penyakit menular seksual. Inilah salah satu tip untuk memiliki vagina yang sehat.

(Baca juga : Keputihan, Awal dari Infeksi Vagina)

4. Lihat riwayat kesehatan untuk perawatan dan pencegahan: Mengikuti uji ginekologi reguler sangat penting untuk menjaga kesehatan vagina. Para dokter dilatih untuk mendiagnosis penyakit dan kelainan yang bisa membahayakan vagina atau sistem reproduksi.

5. Mengobati infeksi saat terjadi: Jika Ibu memiliki gejala infeksi tertentu seperti infeksi jamur, vaginosis bakteri dan trikomoniasis, maka Ibu perlu segera memeriksanya.