Ini Kata Para Ilmuwan: Suplemen Vitamin B3 Dapat Mencegah Keguguran dan Cacat Lahir!

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 30 Oktober 2017 | 05:30 WIB
Suplemen vitamin, khususnya B3 dapat secara signifikan mengurangi jumlah keguguran dan cacat lahir di seluruh dunia. (Santi Hartono)

Nakita.id.- Belum lama ini, para peneliti di Victor Chang Cardiac Research Institute, Darlinghouse – New South Wales di Australis menemukan apa yang mereka sebut sebagai terobosan besar dalam penelitian soal kehamilan.

Mereka mengatakan, suplemen vitamin, khususnya B3 dapat secara signifikan mengurangi jumlah keguguran dan cacat lahir di seluruh dunia.

Penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine pada September 2017 menemukan bahwa kekurangan molekul kunci saat hamil yang berisiko menghentikan embrio dan organ bayi berkembang dengan benar di dalam rahim, dapat diminimalisasi dengan mengonsumsi suplemen makanan vitamin B3, yang juga dikenal sebagai niacin

Baca juga: Ini Yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil Agar Tidak Keguguran

Dengan kalimat lain, vitamin B3 dapat membantu memerbaiki kekurangan nutrisi yang bisa menghentikan proses perkembangan organ tubuh bayi dengan benar.

Vitamin ini juga diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi, yang membantu mengatasi kelelahan dan menjaga suasana hati tetap stabil.

"Sekarang, setelah 12 tahun penelitian, tim kami juga menemukan bahwa kekurangan ini dapat disembuhkan, dan keguguran  atau cacat lahir dicegah dengan mengonsumsi vitamin yang notabene biasa dan umum didapat," kata Sally Dunwoodie, salah seorang peneliti biomedis di institur tersebut yang terlibat.

"Kami serius mengatakan bahwa penemuan ini berpotensi sangat besar untuk mengurangi jumlah keguguran dan cacat lahir di seluruh dunia secara signifikan,” tambah Dunwoodie.

Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt memuji penelitian tersebut sebagai terobosan medis bersejarah. "Pengumuman tentang hal ini memberi harapan baru bagi satu dari empat wanita hamil yang mengalami keguguran.  Dan dengan 7,9 juta bayi di seluruh dunia saat ini terlahir dengan cacat lahir setiap tahun, terobosan ini adalah berita yang luar biasa," kata Hunt mengutip data tentang kehamilan di Australia, pada pernyataan pers satu hari setelah kesimpulan penelitian diumumkan.

Baca juga: Jangan Dikira Vitamin B Hanya Untuk Mencegah Ibu Hamil Keguguran

Para ilmuwan menggunakan urutan genetik pada keluarga yang menderita keguguran dan cacat lahir dan menemukan mutasi gen yang memengaruhi produksi molekul, NAD (nicotinamide adenine dinucleotide).

Dengan Vitamin B3 - ditemukan pada daging dan sayuran - yang dibutuhkan untuk membuat NAD, mereka menguji efek mengonsumsi suplemen pada pengembangan embrio tikus yang memiliki kekurangan NAD serupa dengan manusia, dan menemukan perubahan yang signifikan.