Bahaya Tak Terduga Bila Seorang Anak Memasukkan Magnet ke Hidungnya

By Soesanti Harini Hartono, Sabtu, 18 November 2017 | 23:15 WIB
Hidung Anak Kemasukan Benda Asing. Lakukan ini (Ajeng )

Nakita.id - Sebuah fenomena medis terjadi pada seorang anak berusia 11 tahun dari Siprus. Tidak diketahui apakah ia sengaja atau tidak memasukkan dua magnet ke setiap lubang hidungnya.

Tapi, setelah orangtua anak tersebut mengetahui dan mencoba untuk mengambilnya, akhirnya mereka membawanya dengan kondisi hidung berdarah ke ruang gawat darurat.

Karena pihak UGD tak tahu apa yang terjadi, maka dokter memutuskan untuk melakukan operasi dan berhasil mengeluarkan semua magnetnya.

Hasil dari kasus aneh ini merupakan sebuah studi kasus yang diterbitkan di New England Journal of Medicine yang berjudul "Button Magnets In The Nasal Cavity", dan peringatan keras untuk tidak membiarkan anak-anak bermain dengan magnet, dan mencegah mereka untuk memasukkan benda tersebut ke dalam hidung.

Dokter anak mengatakan, benda-benda kecil seperti sepatu Barbie, Lego, manik-manik, biji, koin, dan penghapus merupakan benda-benda yang rentan dimasukkan ke dalam mulut atau hidung anak-anak.

"Celakanya, ini merupakan bagian dari anak-anak mengeksplorasi lingkungannya," kata Dr. Jonathan Powell, seorang dokter anak dari Resurrection Medical Group di Chicago.

"Ketika mereka masih bayi, mereka memasukkan semuanya ke dalam mulut mereka. Saat mereka sedikit bertambah besar, mereka mencoba memasukkan segala sesuatunya ke tempat lain. Ini sangat umum terjadi. "

Magnet adalah benda asing yang tidak biasa tapi, Pitt melihat bahwa segala sesuatu mainan atau magnet yang ada di dalam tubuh manusia bisa berisiko sangat buruk.

Baca juga : Hidung Anak Kemasukan Benda Asing. Lakukan ini

"Jika anak menelan lebih dari satu magnet dan seluruhnya saling terhubung, benda ini dapat memecah jaringan tubuh anak.”

Selain itu ada pula baterai kecil, yang biasa ditemukan di remote dan jam tangan, yang begitu masuk ke dalam tubuh anak, baterai tersebut mulai melakukan aktivitas sehingga menyebabkan arus listrik.

Dalam kasus ini, penelitian tersebut tidak menyebutkan adanya arus listrik, namun menunjukkan lebih mendalam bahwa magnet yang berada di hidung anak yang tidak disebutkan namanya tersebut bisa menyebabkan kerusakan serius.