Minder Badan Kurang Tinggi? Tenang, Ini 7 Cara 'Meninggikan Badan' di Usia Dewasa!

By Kirana Riyantika, Selasa, 22 Januari 2019 | 21:03 WIB
Cara alami meninggikan badan di usia dewasa (iStock)

Nakita.id - Tinggi badan manusia akan bertumbuh pesat selama masa puber dan berhenti di penghujungnya, yaitu sekitar usia 16-18 tahun.

Nah, sudah puaskah Moms dengan tinggi badan saat ini? Katanya, meninggikan badan di usia dewasa adalah hal yang mustahil. Benarkah?

Sebelum membahas bagaimana cara meninggikan badan di usia dewasa, kita harus tahu dulu hal apa yang memengaruhi tinggi badan seseorang.

Baca Juga : Ronaldikin, Si 'Ronaldinho KW' Meninggal Karena Infeksi Paru-paru, Kebiasaan Ngupil Ternyata Bisa Jadi Pemicunya!

Genetik alias keturunan adalah faktor utama yang menentukan tinggi badan kita. Lihatlah postur tubuh ayah dan ibu masing-masing.

Jika dari kedua belah pihak sama-sama tinggi, sangat besar kemungkinannya kamu juga akan punya tinggi badan semampai.

Sebaliknya jika hanya salah satu pihak saja yang tinggi sementara satunya pendek, perawakan kita akan ditentukan oleh gen mana yang lebih kuat.

Artinya, kita bisa saja punya tinggi badan mengikuti ayah/ibu yang tinggi, atau rata-rata karena campuran genetik warisan ayah dan ibu sama-sama kuat, atau pendek karena mewarisi gen badan kecil dari salah satu orangtua.

Faktor lainnya yang bisa ikut menentukan tinggi badan adalah kecukupan nutrisi penting dan aktivitas fisik selama masa tumbuh kembang awal sampai pubertas berakhir.

Baca Juga : Berita Kesehatan: Cukup 2 Macam Nutrisi Untuk Atasi Diabetes!

Cara meninggikan badan secara alami

Katanya, cara meninggikan badan saat usia dewasa hanya bisa dilakukan pakai obat atau alat-alat tertentu yang dijual di pasaran.