Miliki Total Kekayaan Rp205 Triliun, Ternyata Eka Tjipta Widjaja Sempat Rela Jual Biskuit untuk Bayar Utang Keluarganya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Minggu, 27 Januari 2019 | 14:48 WIB
Eka Tjipta Widjaja dari penjual biskuit hingga jadi konglomerat (Lukas Ferdinand/Kontan)

Nakita.id - Kabar duka datang dari seorang pengusaha sukses yang kaya raya.

Ia adalah Eka Tjipta Widjaja, pendiri Sinarmas Group. Eka Tjipta meninggal dunia pada Sabtu (26/1/2019) di usia 98 tahun.

Melansir dari KOMPAS.com, kabar meninggalnya Eka Tjipta dikonfirmasi langsung oleh Managin Director PT Sinarmas Land Dhonie Rahajoe dalam pesan singkatnya, Sabtu (26/1/2019).

"Iya betul Pak Eka meninggal dunia," tulis Dhonie di pesan singkatnya.

Baca Juga : Kerap Dituduh Buaya Darat, Hotman Paris Akui Harus Menunggu 10 Tahun Untuk Nikahi Istrinya

Eka Tjipta merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia yang kekayaannya mencapai 13,9 miliar dolar AS, atau setara Rp205 triliun.

Atas kekayaannya tersebut, ia dinobatkan orang terkaya kedua versi Majalah Globe Asia.

Eka Tjipta sebenarnya merupakan imigran asal China yang pada 1932 lalu menempuh perjalanan selama tujuh malam dari kampung halamannya ke Makassar Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Jadi Mucikari Vanessa Angel dan Artis di Bisnis Prostitusi Onlinenya, Segini Keuntungan yang Didapat Sang Mucikari

Eka bukan berasal dari keluarga kaya. Saat berlayar ke Indonesia pun, ia harus tidur di tempat paling buruk di kapal yaitu di bawah kelas dek.

Dilansir dari Kompas.id, uang lima dollar AS yang dibawa saat perjalanan, tak kuasa ia belanjakan makanan. Sebab, untuk bisa sampai di Indonesia, ia harus berutang kepada rentenir 150 dollar AS.