Ibu Hamil Diabetes Wajib Diet. Cari Tahu Diet Yang Cocok .

By Fadhila Afifah, Senin, 4 Desember 2017 | 15:30 WIB
Ibu Hamil Diet? ()

Nakita.id - Ibu yang sedang hamil memang tak dianjurkan melakukan diet karena janin yang sedang dikandung ibu membutuhkan nutrisi yang cukup.

Namun dalam beberapa kasus, ada ibu hamil yang justru dianjurkan untuk membatasi makanan. Bukan untuk  mengurangi nutrisi yang dibutuhkan janin, melainkan untuk menghindari hal fatal yang dapat terjadi pada janin.

Beberapa contoh Moms yang dianjurkan diet adalah Moms yang menderita gangguan diabetes militus gastasional dan mengalami obesitas.

Diabetes Militus Gastasional

Dikutip dari Kompas.com, Diabetes Militus Gastasional (DMG) adalah penyakit intoleransi glukosa atau bisa disebut gangguan metabolisme glukosa, dimana insulin tidak terbentuk selama hamil.

Baca juga: Hari Diabetes Sedunia 2017: Ibu Hamil Perlu Mewaspadai Munculnya Diabetes Gestasional.

Sebanyak 1,9% hingga 3,6 % DMG menyebabkan kematian pada ibu hamil. Juga dapat menimbulkan komplikasi seperti hipertensi, cairan ketuban yang sangat banyak, dan bayi lahir besar jauh melebihi ukuran normal (giant baby). 

Bahayanya, jika ibu hamil memiliki kasus seperti ini, janin memiliki kadar gula darah yang rendah, sementara kadar gula darah si ibu menjadi tinggi. Ini yang menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan janinnya.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Febriansyah Darus dalam kompas.com, DMG pada ibu hamil bisa diatasi dengan periksa rutin kadar gula dan mengurangi konsumsi karbohidrat.

Baca juga: Apakah Anak Ibu Terindikasi 3P? Jika Ya, Berarti Dia Menderita Diabetes

"Jangan terlalu banyak menambah konsumsi karbohidrat selama hamil. Si ibu juga harus memeriksakan kadar glukosa dalam darah secara rutin, dan jika memang memiliki gangguan insulin, ibu harus menerima penambahan insulin," ujarnya.

Mengurangi asupan karbohidrat disini perlu dilakukan agar gula darah ibu tidak meningkat. Untuk itu, diet karbohidrat harus dilakukan sesuai arahan dokter. Namun ingat ya, bu, nutrisi yang dibutuhkan bayi harus tetap diperhatikan.