Jadwal MPASI Sayur yang Moms Bisa Jadi Pilihan Untuk Penuhi Zat Besi Bayi

By Ela Aprilia Putriningtyas, Minggu, 10 November 2019 | 13:10 WIB
Jadwal MPASI sayur yang bisa penuhi kebutuhan zat besi pada bayi. (freepik.com)

Nakita.id - Setiap orang tua tentu menginginkan kebutuhan gizi pada buah hatinya terpenuhi, ada baiknya Moms coba terapkan jadwal MPASI sayur.

Tujuan utama menerapkan jadwal MPASI sayur pada anak diharapkan agar kebutuhan zat besi pada anak terpenuhi.

Selain itu rutin terapkan jadwal MPASI sayur pada anak juga lebih baik dari pada mengenalkan aneka jenis buah pada anak sejak dini.

Dikutip dari healthychildren.org, sebenarnya tidak ada urutan tertentu untuk memberikan makan padat pada bayi, namun biasanya dokter akan merekomendasikan mengenalkan sayur pada anak terlebih dahulu dari pada buah.

Baca Juga: Tak Melulu Berikan Menu MPASI Nasi Standar, Moms Bisa Coba Resep Makanan Pendamping ASI Olahan Beras yang Enak dan Bergizi untuk Si Kecil

Karena biasanya anak kurang menyukai rasa dari sayur.

Meski buah dan sayur bukan satu-satunya menu penting yang dibutuhkan untuk memenuhi gizi pada bayi, tapi Moms tetap harus mengenalkannya sejak dini.

Sebab kandungan dan manfaat dari MPASI dengan olahan sayur tertentu mampu membantu menambah kebutuhan gizi pada bayi.

Baca Juga: Mudah dan Murah, Menu MPASI Nasi Merah Bisa Jadi Solusi Asupan Gizi Si Kecil yang Kaya Akan Vitamin

Bayi yang telah berusia 6 bulan ke atas, kecukupan gizinya tidak dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi ASI saja .

Dikutip dari mpasi.org, kebutuhan zat besi yang begitu tinggi pada bayi begitu menginjak usia 6 bulan menjadi salah satu sebab utama kenapa MPASI dibutuhkan.

Jadi Moms harus terus mencoba untuk mengenalkan berbagai jenis makanan pendamping untuk bayi secara bertahap terutama sayuran.

Menerapkan jadwal MPASI sayur sejak awal juga dapat mengetahui apakah bayi memiliki alergi tertentu pada makanan atau tidak.

Baca Juga: Nutrisinya Sedikit, Ini Alasan Lain Kenapa Moms Wajib Menunda untuk Memberikan Menu MPASI Kentang pada Buah Hati