Kunci Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah

By Gisela Niken, Rabu, 3 Agustus 2016 | 00:50 WIB
Kunci Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Merawat bayi baru lahir memang jadi tantangan tersendiri bagi Mama. Ada banyak hal yang perlu Mama perhatikan saat merawat bayi baru lahir di rumah. Maka dari itu, sebelum meninggalkan rumah sakit ada baiknya Mama meminta penjelasan dari dokter mengenai kondisi si kecil. Misalnya, amankah jika ada tanda lahir pada bayi, atau bentuk kepalanya yang tidak normal menurut Mama.

Baca juga: Mengatasi Repotnya Merawat Bayi Baru Lahir

Tali pusat jadi hal yang perlu Mama perhatikan, sebab saat bayi lahir tali pusatnya tampak berwarna hitam dan biasanya akan lepas dalam waktu 3 minggu. Sebelum lepas, Mama perlu menjaga kebersihannya dan memastikan tetap kering agar tidak timbul iritasi.

Lalu, bagaimana dengan bayi yang gumoh terus-menerus? Mama jangan khawatir, sebab sistem pencernaan bayi memang belum sempurna. Untuk mengatasinya, Mama perlu membuat bayi bersendawa saat menyusui. Letakkan bayi dalam posisi tegak pada pundak mama untuk membantunya mengeluarkan angin.

Mama juga jangan khawatir dengan perubahan warna tinja bayi. Sistem pencernaan bayi yang belum sempurna pula lah yang membuat tinjanya berwarna hitam, hijau, kekuningan, hinga coklat.

Baca juga: 6 Kunci Merawat Bayi Baru Lahir

Lalu, apa yang perlu Mama lakukan untuk membersihkan bayi? Mandi memang jadi sebuah tantangan. Mama tak perlu membuat bayi mandi di dalam bak setiap hari. Mandikan bayi di bak satu hingga dua kali dalam seminggu. Setiap hari ada baiknya Mama cukup mencuci kepala, wajah dan bagian kelamin. Mandikan bayi dari atas ke bawah dengan air atau kain yang lembut. Jangan lupa bersihkan mulut, kelopak mata, bawah dagu, dan seluruh bagian muka.

Masalah lain yang kerap dialami bayi baru lahir adalah tidur. Waktu tidurnya yang belum jelas membuat Mama dan Papa akan sering terbangun pada malam hari. Buat rutinitas tidur untuk membantu si kecil memahami kapan waktu tidur. Menjelang waktu tidur buat suasana lebih tenang agar tubuhnya terstimulus untuk tidur.

Baca juga: 5 Perawatan Bayi Baru Lahir

Bayi yang kerap menangis menjadi tantangan dalam merawat bayi baru lahir di rumah. Mama dan Papa mungkin tidak memahami pesan apa yang ingin disampaikan si kecil. Apakah ia lapar? Atau ia membutuhkan popok baru? Untuk menenangkan bayi yang menangis, bolak balik tubuhnya sambil gosok punggungnya. Nyanyian juga bisa membantu membuat bayi tenang.