Catat! Ini Dia Usia Kehamilan Yang Pas Bepergian Naik Pesawat

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Sabtu, 9 Desember 2017 | 16:25 WIB
Ibu hamil yang hendak bepergian naik pesawat harus memerhatikan usia kandungannya. ()

Nakita.id - Traveling sekarang sudah menjad gaya hidup ya Moms. Namun bagaimana untuk Moms yang sedang mengandung, amankah berpergian dengan pesawat terbang?

Tidak ada larangan kok, untuk Moms yang sedang hamil pergi naik pesawat, namun tentunya membutuhkan persiapan khusus agar janin didalam perut tetap aman dan nyaman.

Baca juga: Pelajaran Penting dari Kisah Seorang Ibu yang Melahirkan di Pesawat Tujuan Bali

Nah, masalah aman dan tidaknya ibu hamil naik pesawat ternyata bergantung dari usia kandungan.

Menurut para ginekolog, usia kehamilan memasuki 14 hingga 27 minggu, merupakan saat yang tepat untuk berpergian naik pesawat.

Usia tersebut dinilai tepat karena pada fase ini ibu hamil telah melewati masa mual dan muntah, serta fisik sudah lebih bugar.

Jadi jika usia janin belum mencapai 14 minggu, bersabar ya Moms, karena di awal kehamilan Moms lebih sering mual dan risiko keguguran lebih tinggi.

Jangan dipaksakan karena dikhawatirkan akan menimbulkan gangguan pada janin.

Saat usia kehamilan di atas 36 minggu, biasanya pihak maskapai tidak lagi memperbolehkan ibu hamil untuk bepergian dengan pesawat terbang karena menghindari lahirnya bayi secara prematur.

Baca juga: Viral! Kru Turkish Airlines Membantu Proses Kelahiran Bayi Perempuan di Dalam Pesawat

Nah kalau Moms mengandung anak kembar, sebaiknya tidak pergi traveling naik pesawat ketika sudah berusia 32 minggu ya Moms karena mengandung bayi kembar tentu lebih rentan dibandingkan kelahran normal.

Jadi, sebelum memesan tiket pesawat dan bepergian jauh jangan lupa konsultasikan lebih dulu dengan dokter kandungan ya Moms supaya Moms dapat bepergian dengan aman dan nyaman. Selamat menikmati perjalanan di udara. (*)

(Erinintyani Shabrina Ramadhini / nakita)