Kemenlu Tangani Kasus Reynhard Sinaga Jadi Kasus Pemerkosaan Terbesar Dalam Sejarah Inggris Sejak 2017, Bukti Aksinya Sudah Terendus Lama?

By Safira Dita, Selasa, 7 Januari 2020 | 13:05 WIB
Reynhard Sinaga (GREATER MANCHESTER POLICE vis BBC)

Nakita.id - Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) sudah tangani kasus Reynhard Sinaga yang jadi kasus pemerkosaan terbesar dalam sejarah Inggris.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha menyatakan, pihaknya telah memberikan bantuan.

Bantuan tersebut berupa bantuan kekonsuleran kepada Reynhard Sinaga, WNI yang dikabarkan menjadi pelaku pemerkosaan di Inggris.

Berdasarkan fakta persidangan selama empat tahap, Reynhard Sinaga telah dinyatakan terbukti bersalah atas 159 dakwaan.

"Dengan rincian tindak pemerkosaan sebanyak 136 kali, usaha untuk pemerkosaan sebanyak delapan kali, kekerasan seksual sebanyak 13 kali, dan kekerasan seksual dengan penetrasi sebanyak dua kali," kata Judha.

Hakim Suzanne Goddard dalam putusannya pada Senin (6/1/2020) dilansir BBC Indonesia menyebutkan, Reynhard "sama sekali tidak menunjukkan penyesalan" dan "tidak memedulikan kondisi korban" ketika melakukan aksinya.

Sejak awal persidangan, Reynhard Sinaga selalu mengatakan bahwa hubungan seksual itu dilakukan atas dasar suka sama suka.

Baca Juga: Akhirnya Temukan Sosok Pengganti Citra Kirana, Ali Syakieb dan Margin Wieheerm Sudah Blak-blakan Tunjukan Kebersamaan, Segera Susul Mantan?