Sosial Media Bisa Bantu Percepat Program Diet, Ini Alasannya

By Fita Nofiana, Selasa, 12 Desember 2017 | 18:49 WIB
program diet ()

Nakita.id - Sosial media dinyatakan dapat membatu Moms menurunkan berat badan, hal ini seperti yang dikatakan peneliti dari University of California.

Melalui judul penelitian 'Menghilangkan Berat Badan Melalui Komunitas Dukungan Virtual: Peran untuk Motivasi Berbasis Identitas dalam Komitmen Publik', di University of California dalam studi baru bernama Irvine.

Berbagi keberhasilan dan kegagalan dalam proses penurunan berat badan, ternyata dapat memengaruhi kecepatan diat Moms.

"Penelitian kami menemukan individu lebih mungkin menyadari kesuksesan dengan tujuan pribadi saat mereka membuat komitmen publik untuk mencapainya," kata Peneliti Prifesor Tonya Williams Bradford.

BACA JUGA: Air Putih Untuk Diet. Hindari Dehidrasi. Bayi Perlu Air Putih

Ini bekerja dengan baik dengan tujuan seperti penurunan berat badan, di mana sebelum dan sesudah gambar dapat dibagi secara online dengan anggota masyarakat lainnya," ujar asisten UCI Paul Merage School of Business

Bersama dengan Bradford, penelitian ini ditulis bersama oleh Sonya Grier dari American University dan Geraldine R. Henderson dari Loyola University Chicago, dan diterbitkan dalam Journal of Interactive Marketing.

Penelitian ini mengikuti dua kelompok penurunan berat badan, bedah dan non-bedah, selama periode empat tahun.

BACA JUGA: Moms, Diet ini Bisa Menurunkan Berat Badan 7 Kg dalam 7 Hari

Anggota kedua kelompok penurunan berat badan memanfaatkan komunitas pendukung virtual, seperti ObesityHelp.com dan WeightWatchers.com, sebagai bagian dari program mereka.

"Melalui penelitian kami, kami menemukan komitmen publik, yang merupakan pernyataan dari suatu posisi, meningkatkan kemungkinan kepatuhan terhadap tindakan dan merupakan bagian penting dari rencana penurunan berat badan yang sukses," kata Bradford.

"Ketika orang yang ingin menurunkan berat badan bergabung dengan komunitas pendukung diet secara  virtual dan membagikan rencana mereka secara online untuk mencapai tujuan mereka, memungkinkan seseorang akan taat pada peraturan diet yang Ia nyatakan sebelumnya,” tambahnya lagi.

Studi ini menyimpulkan bahwa komunitas yang mendukung penurunan berat badan ini secara tidak langsung akan momitivasi dan menjaga tanggungjawab anggota komunitas dalam komitmennya untuk menurunkan berat badan.

Nah, itu dia Moms peran media sosial dalam membantu kesuksesan program diet anda. Tertarik bergabung dengan komunitas diet?