[Reportase] Demam itu Sahabat, Musuh, atau Musibah? Pahami Yuk!

By Gazali Solahuddin, Rabu, 18 April 2018 | 11:28 WIB
Demam adalah sahabat, jangan dimusihi. Dia adalah penolong kita (Today)

Nakita.id - Demam adalah meningkatnya suhu tubuh seseorang di atas normal.

BACA JUGA: Pernah Punya Bibir Cetar, Intip Transformasi Jessica Iskandar Ini!

Kenaikanya bisa bertahap atau berangusur-angsur, bisa langsung lompat misal langsung 38 bahkan lebih, bisa juga naik turun.

Saat demam terjadi biasanya kita akan sedih, apalagi saat itu sedang banyak pekerjaan atau anak yang mengalaminya. Ada pula yang uring-uringan karena karena kesal kala demam.

Singkatnya demam selalu dianggap musibah dan harus dimusuhi.

Karenanya tidak heran, setiap mengalami demam tidak sedikit di antara kita yang langsung mengonsumsi obat penurun panas.

Setelah mengonsumsi obat tersebut, apapun mereknya, apa yang terjadi? Ya! Demamnya akan turun alias suhu tubuhnya kembali normal.

BACA JUGA: Hati-hati! Ternyata Makanan Ini Paling Banyak Mengandung Pestisida

Pertanyaannya, apakah itu berarti sembuh?

Jawabannya, belum. Buktinya setelah demam turun, tapi 3-4 jam kemudian suhu tubuh kembali naik, bahkan pada beberapa kejadian suhu tubuh menjadi melonjak lebih panas dari demam sebelumnya.

Minum lagi obat penurun panas. Suhu tubuh memang bisa kembali turun. Tapi tetap, 3-4 jam kemudian, biasanya suhu tubuh kembali naik, malah kita akan merasa semakin sakit.

BACA JUGA: Unggahan Fitness Blogger Ini Buktikan Tidak Ada Makanan Sehat dan Tidak Sehat!

Kenapa tidak kunjung sembuh walau sudah minum obat? Jawabannya tidak lain karena penyebab demamnya belum di atasi, alias belum disembuhkan.

Jadi demam itu apa?