Moms, Makanan Ini Kalau Dikonsumsi Berbarengan Ternyata Berbahaya

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 19 Desember 2017 | 16:02 WIB
Roti putih dan selai bila dimakan berbarengan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam waktu cepat. ()

Nakita.id.- Makan roti plus diolesi selai. Apalagi selai stroberi kesukaan Moms. Hhmm...enak banget, ya.

Tapi tunggu, ternyata ada beberapa makanan, yang kalau dimakan berbarengan justru menimbulkan masalah pada kesehatan.

Dikutip dari laman Prevenetion, ada beberapa faktor yang bisa mengurangi penyerapan nutrisi atau kandungan pada suatu makanan, salah satunya adalah kombinasi yang kurang tepat.

Karena itu, pakar kesehatan menganjurkan untuk tidak menggabungkan deretan makanan yang ada dalam daftar berikut untuk mendapatkan manfaat yang lebih. Apa saja kombinasi makanan tersebut? berikut daftarnya, Moms;

Baca juga: Tak Selalu Memikirkan Seks dan Mitos Lainnya tentang Pria yang Sebaiknya Moms Ketahui

1. Teh dan susu

Alissa Rumsey, RD, dari Academy of Nutrition and Dietetics menjelaskan bahwa teh hitam memberikan kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari diabetes.

Akan tetapi, mencampurnya dengan susu ternyata bisa menghilangkan manfaat tersebut.

"Protein dari susu mengikat antioksidan yang ada di teh dan mencegahnya terserap," jelas Rumsey.  Ditambah lagi, menurut Rachel Meltzer Warren, RDN, penulis 'The Smart Girl's Guide to Going Vegetarian', kafein yang ada teh juga mengurangi penyerapan kalsium pada susu.

2. Roti putih dan selai

"Karbohidrat adalah cara paling sederhana untuk menaikkan gula darah," kata Liz Weinandy, RD, MPH, seorang ahli diet di Ohio State University Wexner Medical Center.

Sehingga dengan mengoleskan selai di atas roti malah menambah peningkatan gula darah semakin tajam.

Tubuh  harus bekerja sangat keras untuk menurunkannya dengan melepaskan insulin dari pankreas. Begitu penurunan yang tak terelakkan itu terjadi, Moms akan cepat merasa lelah dan terus diliputi rasa jengkel.