Bayi Tak Pernah Tidur Nyenyak Kemungkinan Moms Salah Menidurkan

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 19 Desember 2017 | 16:51 WIB
Bayi tak tidur nyenyak bisa jadi karena kesalahan orangtuanya saat menidurkan. ()

Nakita.id- Penelitian Dr. Rini Sekartini, SpA(K), konsultan pada Divisi Tumbuh Kembang Dept. Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM dan kawan-kawan pada 2004-2005 di lima kota besar di Indonesia; Jakarta, Bandung, Medan, Palembang, dan Batam, seperti dikutip dari situs Tribunnews.com, mengungkap bahwa 72,2% orangtua masih menganggap masalah tidur pada bayi atau batita hanya merupakan masalah kecil. Penelitian itu juga mengungkap sekitar 44% balita mengalami gangguan tidur.

Kalau merunut penelitian jurnal American Pediatric Associations di tahun 2011 tercatat, sekitar 33% anak mengalami masalah tidur.

Sementara para peneliti Cincinnati Children’s Hospital Medical Center menyatakan, masalah tidur pada anak tidak selalu hilang saat mereka dewasa.

Salah satu penyebab merupakan kesalahan orangtua dalam menidurkan anak. Padahal, kebiasaan tidur yang sehat seharusnya ditanamkan sejak bayi.

Baca juga:Papa Idaman! Inilah Potret Kedekatan 10 Seleb Papa Bersama Si Kecil

Moms perlu tahu, setelah bayi berusia 3 bulan, mereka siap untuk tidur sepanjang malam dan bangun pagi setiap hari di jam yang sama.

Oleh sebab, bila lewat 6 bulan bayi belum menemukan pola tidurnya (tidur terlambat, sering terbangun tengah malam, hingga bangun pagi tak tentu jamnya), menandakan adanya “keteledoran” orangtua dalam hal menidurkan bayinya.

Berikut beberapa kesalahan menidurkan bayi;

* Tidak mengajari bayi perbedaan siang dan malam.

Jika waktunya tidur malah main sepanjang malam, tapi waktunya main di siang hari, si bayi malah mengantuk karena rewel, mungkin Moms lupa mengajarinya tentang beda siang dengan malam.

Nah, untuk membantu bayi mengatur ritme alami tidurnya, buka tirai kamar di pagi hari dan saat tidur siang.

Bayi juga sebaiknya jangan tidur siang terlalu lama, sebab, matanya akan melek di malam hari. Justru lebih baik membuat bayi beraktivitas di siang hari sehingga bisa tidur nyenyak di malam hari.