Berita Gembira, Peneliti Hebat dari Indonesia Klaim Temukan Senyawa yang Diduga Bisa Jadi Obat Penyembuh Pasien Virus Corona, Kapan Diproduksi?

By Riska Yulyana Damayanti, Jumat, 3 April 2020 | 17:25 WIB
Ilustrasi virus corona. (freepik.com)

Nakita.id - Kini banyak peneliti dari belahan dunia berlomba-lomba untuk menemukan vaksin penangkal Covid-19.

Ternyata peneliti di Indonesia tak mau tinggal diam, Moms.

Kelompok peneliti dari Universitas Airlangga (UNAIR) membuat mengakuan yang bisa bikin masyarakat Indonesia sedikit lega.

Bagaimana tidak, disebutkan mereka telah menemukan lima senyawa yang diduga bisa menjadi obat penangkal dari virus corona.

Baca Juga: Tak Perlu Parno! Terungkap Cara Petugas Mengurus Jenazah Covid-19, Mulai Dibungkus Kain Berlapis hingga Peti Mati yang Dipaku

Bahkan disebut senyawa tersebut memiliki ikatan yang lebih kuat ketimbang obat yang saat ini digunakan yaitu Avigan dan Cloroquine.

Sebelum diproduksi sebagai obat, kelima senyawa tersebut masih harus menempuh dua tahap lagi, yakni uji klinis dan uji keefektifitasan.

Dijelaskan oleh Ketua Pusat Riset Rekayasa Hayati UNAIR, Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih, bahwa peneliti UNAIR terlebih dahulu berkomunikasi dengan peneliti dari Shanghai Technology University tentang protein yang ada di Covid-19.

Selanjutnya, peneliti UNAIR meminta izin untuk menggunakan struktur protein tersebut agar bisa disintesis lalu diuji coba untuk mencari obat penangkalnya.

Baca Juga: Pocong Jaga Desa di Tengah Serangan Virus Corona Viral hingga Korea, Terbongkar Fakta di Baliknya yang Diungkapkan Oleh Warga Purworejo