Sederet Nilai-nilai Situs Bersejarah Batu Berak yang Menjadi Materi Belajar dari Rumah Lewat TVRI Jumat 24 April 2020

By Rachel Anastasia Agustina, Jumat, 24 April 2020 | 10:05 WIB
Nilai-nilai Situs Bersejarah Batu Berak. (referensi.data.kemdikbud.go.id)

Nakita.id - Ternyata ada nilai-nilai situs bersejarah Batu Berak yang ditayangkan TVRI Jumat (24/4/2020) pukul 09.30-10.00 tadi.

Seperti diketahui program situs sejarah Batu Berak ini ditayangkan untuk Siswa Menengah Pertama (SMP) untuk belajar dari rumah.

Situs Megalitik Batu Berak merupakan situs megalitik yang mengandung tinggalan arkeologis berupa manik-manik, fragmen tembikar, fragmen keramik asing, batu datar, dolmen (batu datar berkaki), menhir (batu tegak), dan batu umpak.

Baca Juga: Sambut Akhir Tahun, Pemprov DKI Jakarta 'Hidupkan' Sejarah Jakarta Lewat Pertunjukan Video Mapping di Monas Sampai Malam Tahun Baru

Salah satu hal yang menarik dari situs ini adalah posisi penempatan dolmen, menhir dan batuan lainnya membentuk garis lurus dari utara ke selatan.

Situs Batu Berak rupanya menyimpan nilai-nilai kebudayaan dan juga nilai agama/religi.

Hal ini sempat dibahas dalam tulisan ilmiah Abid Lailata Naharo, Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Universitas Sebelas Maret Surakarta yang dibahas dalam Seminar Nasional Teknologi Pendidikan tahun 2017.

Dalam tulisannya, Abid menjabarkan beberapa nilai-nilai penting warisan budaya Batu Berak, di antaranya nilai ilmu pengetahuan, nilai sejarah, nilai pendidikan, nilai agama dan nilai kebudayaan dari situs Batu Berak.

Baca Juga: Sejarah Kisah Cinta Soekarno, Terungkap Kisah Rumah Tangganya dengan Fatmawati hingga Sang Istri Enggan Temani di Akhir Hayat