Bak Murka hingga Ubun-ubun, China Bisa Nekat Lakukan Hal Besar Ini pada Australia Jika Terus Didesak Soal Investigasi Virus Corona

By Riska Yulyana Damayanti, Senin, 27 April 2020 | 18:07 WIB
Ilustrasi virus corona (Pixabay.com)

Nakita.id - Beberapa waktu lalu, pihak China menolak jika akan diadakannya investigasi soal asal usul virus corona.

Dikabarkan bahwa Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan bahwa ia akan membawa isu tersebut pada pertemuan tahunan Majelis Kesehatan Dunia bulan depan.

Namun, diplomat Beijing di Inggris, Chen Wen mengatakan bahwa negaranya tidak dapat menyetujui penyelidikan internasional apa pun.

Alasannya, hal itu merupakan sebuah motivasi politik dan akan mengalihkan perhatian China dari upaya memerangi pandemi.

Baca Juga: Beberapa Pasien Terakhir Diizinkan Pulang, China Resmi Umumkan Tidak Ada Lagi Pasien Corona yang Dirawat di Rumah Sakit Wuhan

Bersama AS, Australia menyerukan adanya penyelidikan internasional mengenai bagaimana bisa virus yang awalnya adalah apidemi di Wuhan berubah jadi pandemi.

Duta Besar China untuk Australia, Cheng Jingye menyatakan, investigasi mengenai asal usul virus corona yang didengungkan Australia merupakan langkah berbahaya.

Kepada Financial Review, Cheng mengatakan bahwa publik Negeri "Panda" sangat frustrasi, tersinggung, dan kecewa dengan ucapan Canberra.

Cheng pun mengancam bakal melakukan boikot jika terus didesak soal investigasi terkait asal usul Covid-19.

Baca Juga: Virus Corona Menyebar Hampir di Seluruh Dunia, China Harus Telan Pil Pahit Dituntut Sejumlah Negara Ini, Ini yang Dilakukan China