Ternyata Sebutir Telur Sehari Bisa Tingkatkan Fungsi Otak si Kecil

By Fairiza Insani Zatika, Selasa, 26 Desember 2017 | 09:44 WIB
Bayi yang diberikan satu butir telur per hari akan lebih cerdas. ()

Nakita.id – Moms, hasil penelitian terbaru di Inggris memperlihatkan, memberi makan si kecil dengan telur mampu meningkatkan perkembangan dan fungsi otak.

Melansir situs DailyMail.co.uk, penelitian itu menyatakan bahwa hanya satu butir telur sehari selama enam bulan, secara signifikan meningkatkan nutrisi choline dan DHA (decosahexaenoic acid).

Kedua kandungan tersebut terlibat bagi perkembangan otak.

Penelitian sebelumnya juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi telur bagi Si Kecil dapat memperbaiki pertumbuhan dan mencegah stunting, yakni kondisi di mana seorang anak memiliki tinggi badan lebih rendah dari standar usianya.

Baca juga: Wow! Ini Dia Wanita Terkaya di Indonesia. Bikin Geleng-geleng Kepala!

Peneliti dari Brown School di Washington University, Lora Lannoti, mengatakan bahwa telur layaknya susu atau biji yang mampu mendukung pertumbuhan awal dan perkembangan organisme.

Oleh karena itu telur memiliki kandungan yang padat nutrisi.

Telur menyediakan asam lemak esensial, protein, kolin, selenium, vitamin A dan B12 serta nutrisi penting yang setara dengan produk makanan hewani lainnya.

Para peneliti mulanya menganalisis 163 bayi berusia antara 9-12 bulan di Ekuador pada tahun 2015.

Bayi-bayi ini sudah mendapatkan MPASI (makanan pendamping ASI). Dari bayi tersebut, 80 anak diberi makan satu butir telur per hari selama enam bulan, sedangkan sisanya tidak diberi sebutir pun.

Kemudian setelah enam bulan tingkat kandungan vitamin dan mineral mereka dinilai melalui tes darah.

Baca juga: Alyssa Soebandono Ulang Tahun, Ini Yang Dilakukan Dude Harlino