Tak Perlu Khawatir Daging Akan Mubazir, 7 Tips Berikut Ini Ampuh Buat Daging Tetap Terjaga Kualitasnya Meski Sudah Disimpan Lama

By Ratnaningtyas Winahyu, Jumat, 31 Juli 2020 | 19:45 WIB
Cara menyimpan daging agar awet dan tahan lama (Freepik.com/isantilli)

Tak Perlu Khawatir Daging Akan Mubazir, 7 Tips Berikut Ini Ampuh Buat Daging Tetap Terjaga Kualitasnya Meski Sudah Disimpan Lama

Nakita.id - Jangan khawatir daging kurban Iduladha akan mubazir Moms, ini cara agar daging tetap enak diolah meski sudah disimpan lama. 

Salah satu hal yang identik dari Hari Raya Iduladha adalah pembagian daging kurban.

Namun, tak jarang daging kurban terlebih dahulu disimpan di dalam lemari es jika memang belum ingin diolah atau dirasa terlalu banyak.

Agar kualitas daging sapi atau kambing tetap terjaga, cara menyimpannya ternyata memiliki trik tersendiri, Moms.

Mengutip dari Kompas.com, berikut ini cara agar daging tetap terjaga kualitasnya dari Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca Juga: Berhenti Makan Daging Selama 9 Bulan Berturut-turut, Wanita Ini Kaget Lihat Apa yang Terjadi Pada Tubunya

1. Lihat warna daging

Daging merah segar, tidak berlendir, dan memiliki bau khas daging adalah tanda daging dalam kondisi segar dan dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Apabila daging mengalami perubahan warna, daging berarti tidak dapat disimpan lama di lemari es atau bahkan tak layak konsumsi, Moms.

Untuk itu, perhatikan dengan seksama kualitas daging.

Jika Moms mendapat daging yang berwarna gelap, hal tersebut bisa disebabkan ternak kurang istirahat sebelum dipotong, sehingga memengaruhi warna dan keempukan daging.

Baca Juga: Hanya dengan Mengonsumsi Makanan Ini, Hidup Akan Bertahan Lebih Lama Hingga 100 Tahun Bahkan Lebih dan Tetap Sehat Moms