Jangan Salah! Menangis Rupanya Miliki Sederet Manfaat Baik untuk Kesehatan Selain Membuat Diri Lebih Tenang

By Ela Aprilia Putriningtyas, Kamis, 30 Juli 2020 | 15:15 WIB
ilustrasi menangis. (Freepik.com)

Jangan Salah! Menangis Rupanya Miliki Sederet Manfaat Baik untuk Kesehatan Selain Membuat Diri Lebih Tenang

Nakita.id - Menangis biasanya muncul saat tubuh berikan respons pada perasaan emosi seperti sedih, frustasi, sampai gembira. Terlebih untuk anak-anak yang masih bayi kerap menangis untuk memberikan kode pada orang sekitar. Meski begitu, terkadang saat mulai tumbuh dewasa orang akan malu untuk menangis di depan umum. Karena ada anggapan, menangis adalah tanda kelemahan.

Baca Juga: Ketahui Beda Ketumbar dan Merica dari Manfaatnya, Ternyata Lada Miliki Banyak Manfaat untuk Tubuh yang Sering Kali Terlewatkan Padahal, sejumlah ahli kesehatan mental justru menyarankan kita untuk sesekali menangis demi alasan kesehatan. "Menangis itu positif dan sehat," jelas Stephen Sideroff, Ph.D., psikolog klinis dari UCLA AS, melansir Web MD.

Baca Juga: Coba Nanti Malam, Memijat Kaki Sebelum Tidur Dapat Kurangi Gejala PMS dan Punya Manfaat Baik Lain Bagi Kesehatan Kultur di Jepang merupakan salah satu yang percaya, menangis dapat memberikan manfaat dan kebijaksanaan lebih jauh. Beberapa kota di Jepang bahkan memiliki klub menangis bernama rui-katsu (secara harfiah berarti pencari air mata). Di tempat tersebut, orang bersama-sama menonton atau menyimak sumber pemicu mewek seperti film atau cerita menyedihkan, demi memancing air mata keluar. Keluar dari tempat tersebut, para peserta yang habis menangis berjemaah, merasakan stresnya reda. Ternyata, sejumlah studi juga mengungkap manfaat menangis seperti yang dirasakan sejumlah pengunjung rui-katsu. Melansir Healthline, berikut manfaat menangis bagi kesehatan: 1. Detoksifikasi tubuh Terdapat tiga jenis air mata, antara lain basal, refleks, dan emosional.