Selangkah Lebih Maju untuk Kita Terbebas dari Virus Corona, 86 Juta Vaksin Bakal Siap Edar di Januari 2021

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 26 September 2020 | 12:45 WIB
Ilustrasi vaksin covid-19 (freepik)

Nakita.id - Akhirnya setelah Indonesia dihantam kabar banyaknya pasien Covid-19 atau virus corona yang semakin bertambah bakal ada kabar gembira bagi semuanya.

Vaksin Covid-19 ata virus corona akhirnya akan siap edar paling lambat Januari 2021.

Kabar baik ini dikabarkan langsung leh Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto.

"Terutama mendorong persiapan baik melalui pengetesan. Diharapkan Desember atau awal Januari (2021) kita sudah bisa memulai vaksinasi," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat (25/9/2020).

Baca Juga: Angka Kematian Anak-anak karena Terpapar Virus Corona Jauh Lebih Kecil Dibandingkan Orang Dewasa, Ternyata Ini Penyebabnya

Sebelum memulai vaksinasi tersebut, pemerintah sedang merancang peraturan presiden (perpres) serta peta jalan (road map) terkait dengan distribusi vaksin Covid-19.

Airlangga menjelaskan ada beberapa hal yang akan diatur dalam perpres tersebut nantinya.

"Kemudian, terkait distribusi vaksin, ini ada beberapa dimasukkan dalam rancangan perpres. Yaitu yang pertama, terkait dengan pengaturan uang muka. Kemudian penjelasan mengenai kondisi force majeure," katanya.

Airlangga kembali menjelaskan bahwa keputusan pembelian vaksin covid tersebut akan menjadi ranah dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Baca Juga: Ingin Menjaga Anak dari Paparan Virus Corona? Ternyata Ada Hal yang Tak Kalah Penting Dari Cuci Tangan dan Pakai Masker