Nyeri Haid Melanda, Ternyata Bisa Diatasi Dengan 10 Makanan Ini Moms!

By Fadhila Afifah, Minggu, 14 Januari 2018 | 14:11 WIB
Makanan Pereda Nyeri Menstruasi ()

Nakita.id –Apakah Moms masih merasakan nyeri kala haid datang? Moms tak sendirian karena saat menstruasi datang, tak sedikit perempuan yang mengalami nyeri atau kram di bagian perut.

Setidaknya 40 sampai 70 % perempuan pernah mengalami nyeri saat menstruasi. Nyeri pada pinggul, perut bagian bawah, atau pun pada payudara.

BACA JUGA: Keramas Saat Haid Bisa Memicu Sakit Kepala, Mitos Atau Fakta?

Dari mana rasa nyeri ini berasal? Asal Moms tahu, selama masa haid otot-otot di rahim berkontraksi dan merelaksasi rahim untuk dapat mengeluarkan darah kotor.

Selama otot tersebut berkontraksi, beberapa orang akan merasa kram dan nyeri bahkan beberapa lagi di antaranya mengalami muntah, mual, sakit kepala, diare, bahkan demam.

Moms saat nyeri ini terjadi sebenarnya tubuh sedang membutuhkan nutrisi. Maka, mengatasi nyeri haid ini selain dengan minum obat, juga bisa dengan makanan penambah nutrisi Moms.

Nah untuk itu, Moms perlu mencoba juga nih, beberapa makanan dan minuman yang mampu meredakan nyeri saat menstruasi.

BACA JUIGA: Nyeri Ini Akan Dirasakan oleh Moms yang Lakukan Persalinan Sesar

Salmon

Ikan lezat beraroma khas ini mengandung omega 3 dan vitamin D yang dapat membantu mengurangi nyeri haid.

Sebuah studi membandingkan asupan ibu profen dan minyak ikan menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi minyak ikan mengalami penurunan rasa sakit yang lebih besar akibat kram menstruasi.

Nah agar manfaat salmon lebih terasa, konsumsi ikan ini sebelum periode haid. Salmon juga memberi efek anti inflamasi yang dapat mengurangi kembung. Moms tentu bisa berkreasi dengan memilih menu salmon sesuai selera.