Begini Moms Cara Tepat Usir Kutu Rambut Anak

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 15 Januari 2018 | 21:05 WIB
kutu yang gemar tinggal di rambut bisa menyerang siapa saja, dari bermacam status sosial ekonomi, ()

Nakita.id.- Jangan mengira anak di kota tidak mungkin terserang kutu rambut ya, Moms. Sebabnya, kutu yang gemar tinggal di rambut bisa menyerang siapa saja, dari bermacam status sosial ekonomi, karena banyak ditularkan dari anak ke anak dalam suatu komunitas.

Lalu, dari mana datangnya kutu rambut? Kutu dapat ditularkan saat rambut anak berkontak langsung dan lama dengan rambut anak yang sedang terinfeksi kutu rambut.

Walaupun kutu tidak dapat terbang atau melompat, penyebarannya dapat melalui kontak dengan pakaian, topi, sisir rambut, sikat, seprei, yang terkontaminasi oleh kutu atau telur yang berjatuhan dari rambut. 

Jadi, yang berisiko mendapat gangguan kutu rambut adalah anak-anak yang memiliki kontak cukup dekat dan lama dalam komunitas yang rapat dengan anak yang terinfeksi. 

Misal, di sekolah, taman bermain,  tempat penitipan anak, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Tak Banyak tang Tahu, Inilah Fakta Bayi. No 8 Bikin Geleng-geleng

Menurut Dr. Mirari Prasada Judio MMed, PhD, Sp.A dari RS Hermina Podomoro, Jakarta, bila Si Kecil terinfeksi kutu rambut, biasanya ia akan mengeluh gatal di sekitar rambut, terutama dirasakan di bagian belakang kepala dan leher.  Tapi tidak semua gatal di rambut berarti si anak terinfeksi kutu.

Periksalah dulu kepalanya demi memastikan itu bukan ketombe atau alergi terhadap sampo, umpamanya.

Langkah pertama, coba dudukkan anak di tempat yang pencahayaannya cukup terang. Lalu satu-per satu pilah rambut anak sampai ke bagian kulit kepala.

Telur akan tampak seperti butiran putih kecil berukuran kira-kira setengah biji wijen. Telur ini sekilas serupa dengan ketombe atau kotoran di kepala.

Cara membedakannya, ambil beberapa helai rambutnya, kibaskan. Jika memang kotoran atau ketombe, maka dua benda ini akan mudah lepas.

Berbeda dengan telur kutu yang melekat erat pada rambut meski sudah dikibaskan dan susah dilepaskan. Kalau memang berkutu, cara melepaskannya menggunakan sisir rambut bergigi rapat.