Supaya Si Kecil Tidak Mudah Stres Meski di Rumah Saja, Ajak Lakukan Kegiatan Ini Moms

By Fathia Yasmine, Rabu, 18 November 2020 | 12:27 WIB
Ilustrasi bermain bersama si kecil (Dok. Sutterstock)

Nakita. id - Selain kerap dialami oleh orang dewasa, stres juga bisa menyerang anak-anak. Munculnya rasa terisolasi maupun bosan akibat terlalu lama berada di rumah, tak jarang membuat si kecil terlihat gelisah atau rewel.

Sayangnya, gejala stres pada si kecil kerap tak disadari oleh orangtua, si kecil yang mulai murung dianggap hanya memerlukan hiburan melalui film atau gadget. Padahal, sikap murung, rewel, atau cepat marah merupakan salah satu gejala stres pada anak.

Gejala lain yang muncul ketika anak stres juga bisa terlihat melalui perubahan pola makan serta aktivitas harian si kecil. Misalnya saja kesulitan tidur atau berkurangnya nafsu makan.

Jika Moms melihat tanda si kecil stres selama beberapa hari terakhir, jangan diabaikan. Sebab, stres yang dirasakan dalam waktu lama, dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan mental si kecil.

Baca Juga: Resmi Jadi Ibu Sambung, Anak-anak Sule Langsung Berani Lakukan Hal Ini pada Nathalie Holscher

Sebaliknya, moms dapat melakukan berbagai kegiatan untuk mengalihkan stres yang menyerang si kecil. Dikutip dari laman Kompas.com (13/5/2020), berikut tipsnya.

Ajak beraktivitas

Supaya si kecil tak merasa diabaikan, moms dapat mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas bersama. Misalnya di tengah-tengah waktu istirahat, ajak si kecil untuk menonton film atau bermain bersama, lalu ajak ia berdiskusi untuk mengetahui isi hatinya.

Dengarkan ucapannya

Jika si kecil merasa kurang sehat, penting bagi moms untuk memahami keluhan yang ia rasakan. Moms dapat menanyakan bagian tubuh yang sakit dan meminta si kecil untuk menjelaskan nyeri yang dirasakan.

Jika si kecil kesulitan mengekspresikan perasaannya, moms dapat membimbing lewat perumpamaan seperti “Rasanya kayak gimana, cekit-cekit, atau kayak kesemutan?,”

Baca Juga: Kocak! Sudah Ngebet Pengen Malam Pertama, Sule Sampai Minta Wejangan ke Nagita Slavina: 'Bu Gigi Dulu Langsung Gak?'