Ini 5 Kebiasaan yang Baik Dilakukan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

By Nana Triana, Senin, 30 November 2020 | 15:44 WIB
Tidur cukup dapat membantu meninggikan tubuh secara alam ()

Nakita.idDaya tahan tubuh adalah “senjata” untuk menghadapi masa pandemi Covid-19. Agar tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan optimal, Moms mesti menjaganya. Terlebih, Moms mengalami anomali, yaitu bekerja dari rumah yang malah lebih melelahkan dan stres.

Ada beberapa kebiasaan baik yang dapat Moms terapkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Tidak repot, tetapi Moms butuh melakukannya dengan konsisten. Melansir dari Kompas.com (17/11/2020) berikut daftarnya.

1. Pastikan waktu tidur cukup dan berkualitas

Dokter ahli obstetri dan ginekologi  dari Integrative Medical Group of Irvine, Felice Gersh  MD mengatakan, wakti tidur yang cukup dan berkualitas dapat mendorong regenerasi sel imun.

Selain itu, saat tidur tubuh dapat membersihkan organ-organ dari sisa proses metabolisme selama seharian. Organ-organ terpulihkan secara otomatis. Namun, pastikan tidur dilakukan dengan durasi yang sama dan di jam yang sama.

2. Rutin olahraga

Selain membantu tetap sehat secara mental karena mendorong pelepasan hormon endorfin, olahraga secara rutin sudah jelas dapat menjaga kesehatan tubuh.

Olahraga tidak hanya terbukti meningkatkan respons tubuh terhadap antigen bakteri dan virus, tetapi juga bermanfaat untuk menunda penuaan imunologis.

Baca Juga: Semalam Tidur Cukup Tapi Masih Ngantuk Siang Ini? Hati-hati Sederetan Penyakit Ini Mengintai

Kita dapat bergerak setiap jam dengan cara tertentu, meskipun hanya dengan jongkok di meja dapur atau melakukan latihan beban tiga kali seminggu. Saat ini Moms dapat mendapat panduan dari Youtube.

Moms juga dapat berjalan-jalan atau berlari di luar rumah. Namun pastikan untuk menerapkan protokol mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan rajin (3M).

3. Makanan tinggi serat